Saturday, March 18, 2017

5 Aplikasi Terbaik Penghemat Baterai Android !

Siapa yang tidak suka smartphone dengan baterai yang awet? Sundar Picahi pun pasti suka. Apalagi masih banyak OEM yang mengeluarkan Smartphone Android dengan kapasitas dibawah 3000mAh. Padahal di tahun 2017 ini memiliki Android dengan baterai lebih dari 3000mAh adalah hal yang wajib, mengingat penggunaan Android tidak semata-mata sebagai alat komunikasi, tapi sudah menjadi penunjang aktivitas kita sehari-hari. Karena banyaknya keluhan pengguna Android mengenai baterai hp yang boros, berikut ini saya ingin berbagai informasi mengenai 5 (lima) aplikasi penghemat baterai:

1. Greenify
1.Greenify
Aplikasi ini sudah sangat terkenal di kalangan android enthusiast. Awalnya Greenify hanya diperuntukkan bagi user yang Android-nya sudah rooted tapi beberapa bulan yang lalu, aplikasi ini mendapat update-an sehingga bisa digunakan untuk semua android tanpa harus di-root. Meskipun demikian, saya tetap menyarankan agar android tetap di-root dan telah dipasang Xposed Intsaller terlebih dahulu  karena akan memaksimalkan cara kerja Greenify.





2. ForceDoze
2. ForceDoze
Aplikasi berikutnya adalah ForceDoze, aplikasi yang hanya bisa digunakan untuk android rooted. Walaupun sebenarnya pada android Marshmallow dan Nougat, mode doze sudah ada di pengaturan. Tapi mengingat tidak semua android mendapatkan update-an Marshmallow dan Nougat -yeah I'm looking at you Samsung!- jadi fitur ini sangat berguna untuk menghamat baterai saat android dalam keadaan standby atau tidak digunakan.





3. Amplify
Ini adalah salah satu aplikasi legendaris yang pernah ada. Untuk menggunakan aplikasi ini, android wajib terinstall Xposed Instaler. Lalu apa  kehebatannya? yang membuat aplikasi ini hebat adalah dapat membunuh wakelocks yang menguras baterai, terutama wakelocks dari Google Play Services!.


4. Naptime; Super Doze mode  
4. Naptime
Jika android anda dari Sony, maka tak perlu lagi menginstall Naptime. Karena Naptime memiliki cara kerja yang sama dengan mode Stamina, fitur khas Sony dalam menghemat baterai. Ingat, selalu whilist-kan aplikasi messenger (whatsapp, line and so on..) kalian karena Naptime akan memblok notifikasinya. Naptime juga membutuhan akses root.


5. L Speed
5. L Speed
Yang terakhir adalah L Speed, ini adalah aplikasi favorit saya. Sangat saya rekomendasikan! Di aplikasi ini kita bisa memilih tiga mode baterai, yaitu balance, battery dan performance. Akan lebih baik jika menggunakan mode balance terlebih dahulu, namun saat baterai sudah di bawah 50% maka sebaiknya ubah menjadi mode battery saver, apalagi jika lupa membawa cassan...





Nah.. itu dia 5 aplikasi penghemat baterai android yang paling saya rekomendasikan, semoga membantu ya, terutama untuk teman-teman yang tidak biasa membawa power bank ketika berpergian, tapi aktivitas di handphone tidak pernah behenti.

0 comments:

Post a Comment