Monday, January 02, 2017

Catatan tahun baru

Ibaratkan fase pertumbuhan balita, 2016 adalah masa di mana saya mulai belajar berdiri. 
Saya masih ingat akhir tahun 2015 hal yang saya tuliskan untuk terselesaikan di tahun 2016 adalah skripsi. Lega rasanya karena janji saya terhadap diri sendiri bisa ditepati. Tepat bulan Desember 2016 saya menyelesaikan penulisan skripsi saya dan akan mempertahankannya di hadapan penguji pada tanggal 4 besok.
Tahun 2016 saya mencoba banyak hal, saya keluar dari zona nyaman saya dan menjumpai banyak orang baru. Awal tahun 2016 saya mulai dengan kampanye membaca bersama dua teman, kecintaan pada buku ini pula yang mempertemukan saya dengan pacar saya saat ini. 
Tahun lalu saya tidak banyak menulis,karena memang ada yang harus saya korbankan jika ingin mencapai sesuatu. Demi target menyelesaikan skripsi tahun 2016, saya jadi jarang menulis. Alhasil masih belum ada karya tulis yang dibukukan.
Akhir tahun 2016 saya mengejutkan diri saya sendiri, dengan kesadaran penuh saya memutuskan untuk tinggal sendiri. Memang sih, rumahnya masih numpang (ehehehe) tapi untuk kewajiban lain saya belajar untuk mengatasinya sendiri. Mulai dari bayar air sampai listrik, masak dan mengurusi rumah saya lakukan dengan kesungguhan, bahkan saya mencat dinding kamar saya sendiri..
Yang saya lakukan memang sederhana, tapi karena ini pengalaman pertama saya jadi rasanya agak sulit. Karena walaupun saya sudah 20 tahun, saya tidak pernah tidur sendiri..sampai akhirnya saya memutuskan untuk tinggal seorang diri. Sekarang 2016 sudah berlalu. 2017 sudah membentangkan tangan, saya tidak tahu apakah dia akan memeluk atau sekadar menghalangi saya. Apapun yang 2017 tawarkan, saya dengan kesadaran penuh sepakat untuk menerimanya. 
Tahun ini saya menantang diri saya untuk menyelesaikan karya tulis yang sudah lama mengendap di folder laptop saya. Semoga saya tetap semangat seperti ini.
Untuk teman-teman di sana, jangan tertawakan orang-orang seperti saya yang demen membuat tantangan terhadap diri sendiri di awal tahun. Menantang diri sendiri itu perlu, supaya tahu apa yang hendak dituju.
Ayo tantang dirimu sendiri, ayo beri kejutan untuk dirimu sendiri. Ingat, tidak ada kejutan yang lebih baik melebihi cara kita menjalani hidup dan melihat apa saja yang telah kita ubah sejauh ini. 
Semoga tahun 2017 ini saya sudah bisa berdiri dengan kaki yang kuat, kaki yang akan membawa saya berjalan dengan tangguh.
Sampai bertemu di catatan tahun baru berikutnya. Ayo peluk, 2017! 
This entry was posted in

0 comments:

Post a Comment