Thursday, September 29, 2016

[Review] "Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi" Karya Eka Kurniawan




Judul: Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi
Penulis: Eka Kurniawan
Cetakan: Pertama-Maret 2015, Kedua- Juli 2015, Ketiga- April 2016
Penerbit: Bentang Pustaka
ISBN: 978-602-291-072-5
Jumlah Halaman : 166 Halaman


"Sebab peristiwa paling menyakitkan selalu merupakan yang paling gampang untuk diingat." (Cerita Batu, halaman 77)
Buku ini adalah kumpulan 15 cerita pendek karya Eka Kurniawan. Empat belas cerita pendek lainnya telah dimuat di koran yang berbeda-beda kecuali cerita pendek berjudul "Membuat Senang Seekor Gajah". Tidak butuh waktu lama untuk melahap buku ini, karena ceritanya tidak panjang. 
Bahasa yang digunakan tentu saja bahasa khas seorang Eka, frontal dan beberapa cerita dibumbui dengan kisah asmara yang gelap. Eka Kurniawan sangat piawai memainkan alur sebuah cerita, alur mundur dan campur aduk yang kadang membuat pembaca terkecoh, ini terdapat dalam cerita Tiga Kematian Marsilam.
Cerita lainnya menurutku tumbuh dari kisah-kisah sederhana yang dialami banyak orang, beberapa cerita menggunakan latar luar negeri seperti Paris dan Amerika, ada juga ide cerita yang diambil dari dunia perpolitikan yang disampaikan dengan cara yang sangat ringan yaitu cerita Membakar Api.
Kisah lainnya adalah pelajaran tentang kehidupan yang disampaikan melalui hal-hal kecil dan remeh-temeh (salah satu kelebihan Eka adalah bisa menciptakan cerita dari hal-hal kecil dan sederhana) pesan-pesan yang disampaikan melalui binatang seperti gajah, anjing, dan bebek.
Selebihnya adalah kisah cinta yang disampaikan dengan bahasa cinta milik Eka Kurniawan, liar dan misterius. Cerita yang dipilih menjadi judul buku ini sendiri bukan cerita yang menarik menurutku. Tidak ada sesuatu yang spesial atau menginggit di sana, atau menguggah. Kali ini, buku Eka Kurniawan tidak banyak menghiburku.
Dari lima belas cerita pendek yang ada di buku ini, hanya tiga cerita yang membuatku masuk pada dimensi lain, mengalami pengalaman baru, tersentuh, dan bergidik di waktu yang sama. Ada pun cerita-cerita tersebut adalah Teka-Teki silang, Pelajaran Memelihara Burung Beo, dan Pengantar Tidur Panjang. Dan yang paling menarik adalah cerita berjudul "Teka-Teki Silang".

0 komentar:

Post a Comment