Saturday, September 10, 2016

I'm Stuck


Ini adalah minggu ke dua di bulan September. Tidak ada peringatan hari penting di kalender nasional, tapi hari ini adalah salah satu hari yang kutunggu sejak masuk kuliah di semester 7. Hari ini pembukaan KKN di kampus, yang artinya aku semakin dekat pada proses akhir menyelesaikan masa belajarku untuk meraih gelar sarjana hukum.
Semua hal terasa sangat berat untuk kulewati akhir-akhir ini. Membaca tidak konsentrasi, menonton juga tidak mengikuti cerita, tidur tidak nyenyak, makan juga tidak teratur, bahkan menulis pun rasanya tidak bisa karena pikiranku sedang gelisah. Aku belum menemukan ide apapun untuk kujadikan skripsi. Sementara beberapa temanku sudah menyelesaikan proposal penelitiannya bahkan sedang mengurus SK untuk seminar. 
Aku kosong, pikiranku benar-benar buntu. Dulu aku tidak pernah percaya pada berat badan yang menurun atau gangguan tidur karena memikirkan skripsi, sekarang aku mengalaminya. Ini adalah masa di mana aku sangat kecewa pada diriku sendiri, aku merasa gagal menjadi seorang kutu buku- seorang kritikus kebijakan pemerintah di daerahku- seorang mahasiswa. Dua kali aku mengajukan proposal penelitian, ditolak  dua-duanya.
Sekarang aku merasa tidak semangat, aku tidak tertarik pada topik lain selain dua hal yang pernah kuajukan dan dikembalikan. Aku harus menulis, tapi aku tidak menemukan apa-apa di kepalaku. 
Misiku adalah meraih gelar SH sebelum usiaku genap 21 tahun. Sekarang aku sudah 20 tahun, Mei tahun depan aku genap 21 tahun dan sekarang sudah bulan September tapi aku belum memulai skripsiku sama sekali.
I'm stuck.
Aku tahu, aku bukan satu-satunya yang mengalami hal ini. Tapi saat ini, saat mengingat impian-impianku mulai terasa jauh dan menyadari bahwa aku ternyata tidak sekuat yang aku kira, aku merasa aku adalah satu-satunya orang paling sedih malam ini - di dunia ini. 

This entry was posted in

3 comments:

  1. Nice kak. Terus berkarya dan bisa menginspirasi semua orang.

    ReplyDelete
  2. Nice kak. Terus berkarya dan bisa menginspirasi semua orang.

    ReplyDelete