Tuesday, June 28, 2016

[Review Buku] the Alpha Girl's Guide Karya Henry Manampiring


Penulis : Henry Manampiring
Editor : Alaine Any
Desainer Sampul : Levina Lesmana
Penerbit : GagasMedia
Cetakan : Cetakan Pertama 2015, Cetakan Ketiga 2015
Jumlah Halaman: vi+ 254 hlm
ISBN: 979-780-848-3


"Seorang perempuan boleh saja untuk memilih tidak bekerja, tetapi minimal dengan bekal pendidikan akademis yang baik dia memiliki opsi untuk bekerja dan mandiri kalau situasi memerlukan." hlm. 29

"Jika kamu tidak terlahir cantik, itu nasib. Jika kamu tidak tampak menarik, itu salahmu." hlm.186

"Alpha Female adalah perempuan-perempuan yang berada di puncak karena prestasi dan attitude-nya. Mereka dihormati dan disegani baik oleh perempuan maupun pria. Mereka percaya diri dan mengoptimalkan potensinya. Menjadi seorang Alpha Female dewasa bisa dimulai sejak dini dengan menjadi Alpha Girl."

Buku ini berisi tentang tip-tip untuk menjadi seorang Alpha Girl. Untuk yang tidak tahu apa itu Alpha Girl, bayangkan saja Menteri Kelautan dan Perikanan, ibu Susi Pudjiastuti atau Duta Baca Indonesia 2016, Najwa Shihab. Bayangkan saja perempuan-perempuan yang berprestasi dan memiliki pengaruh di lingkungannya, perempuan-perempuan seperti inilah yang disebut Alpha Girl tapi dua tokoh yang saya sebutkan tadi sudah menjadi Alpha Female. Alpha dalam bahasa Yunani berarti satu. Jadi Alpha Girl berarti perempuan nomor satu.
Secara umum buku ini mengutarakan cara Alpha Girl berpikir, berbicara, dan bertindak. Tapi pembahasannya tidak seumum itu, ada sembilan bab yang terdapat di dalam buku ini. 
Setiap bab berisi tip untuk menangani masalah yang dihadapi perempuan pada umumnya dan petunjuk tindakan seperti apa yang tepat untuk kita ambil.
Di dalam buku ini kita akan menemukan berbagai cara untuk memperbaiki diri, mulai dari cara berpikir, cara bergaul di lingkungan sekolah dan kampus, cara berpenampilan, cara bekerja dan tip ketika akan memilih pasangan untuk dinikahi.
Mulai dari the Alpha Student yang berisi cara-cara Alpha Girl belajar dan megatur waktu untuk mengembangkan bakat dan potensi yang dia punya, the Alpha Friend yang membahas bagaimana hubungan pertemanan yang sehat sehingga kita akan tahu apakah kita memang berteman dengan orang yang tulus atau tidak dan pergaulan positif seperti apa yang boleh kita jalani.
Kemudian ada bagian the Alpha Lover yang mengungkapkan cara seorang Alpa Girl menangani patah hati ketika dia gagal menjalin hubungan, the Alpha Professional ketika Alpha Girl sudah bekerja, pada bagian ini saya merasa benar-benar mendapat pencerahan supaya tidak gegabah menentukan jenjang karir saya, seperti apa perusahaan yang harus seorang Alpha Girl kirimi lamaran pekerjaan saat pertama kali terjun ke dunia kerja. Selain itu ada Alpha Look yang memberi banyak saran mengenai cara berpenampilan sehingga tampak menarik dan menunjukkan kualitas diri kita. Dan bab-bab selanjutnya yang sangat menyenangkan untuk dibaca.
Sebuah buku yang sangat saya rekomendasikan untuk dibaca teman-teman perempuan, terutama remaja putri, karena buku ini membuka pikiran kita dengan cara yang sangat ringan, mengemukakan berbagai permasalahan sehari-hari yang kerap perempuan muda alami.
Penulisnya - Henry Manampiring - adalah salah satu tokoh ask.fm yang aktif menjawab berbagai pertanyaan mengenai pengembangan diri perempuan. Berbagai pengalamannya bekerjasama dengan para Alpha Girl sangat bepengaruh pada isi buku ini, yang berarti berdasarkan pengamatan langsung dan pengalaman nyata. Penyampaiannya yang ringan dan tidak baku membuat buku ini tidak membosankan, saya merasa sedang berkonsultasi secara pribadi dengannya ketika membaca buku ini.
Saya sendiri merasa seperti membaca nasehat-nasehat mama saya, buku ini menasehati dengan cara yang biasa mama saya gunakan. Ringan, lucu, dan menyentil dengan kalimat sarkas. Buku yang berisi motivasi supaya kita menjadi perempuan yang pintar tidak hanya dari penampilan tapi juga pengetahuan dan bertingkah laku, supaya menjadi perempuan nomor satu.
Saya juga yakin kita semua pasti bukan perempuan-perempuan yang kurang nasehat dan bimbingan dari orangtua, tapi tidak ada salahnya membeli buku ini. Buku ini sangat mempengaruhi cara pandang saya yang ternyata masih banyak kelirunya selama ini, beberapa tip-tip yang tertulis di buku ini memang adalah ilmu baru bagi saya.
Ini adalah buku yang sangat bagus untuk pengembangan diri bagi perempuan.

1 comment:

  1. Sederhana tapi point-point nya dapet. Artikelnya keren, Kak! :)

    ReplyDelete