Saturday, October 10, 2015

DERAWAN THE HIDDEN PARADISE



Pulau Derawan merupakan sebuah pulau yang terletak di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sebuah pulau dengan sejumlah objek wisata bahari yang sangat menawan. Nama pulau ini semakin tidak asing bagi para penyuka wisata bawah laut sejak tahun 2012, saat itu Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menjadikan pulau Derawan sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia. Sebelumnya pulau ini hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal yang kebanyakan berasal dari Tarakan dan Samarinda. Tapi saat ini pulau Derawan tidak hanya dikunjungi wisatawan lokal melainkan mancanegara. 


Pulau Derawan menawarkan keindahan bawah laut yang luar biasa. Diving spot yang terdapat di pulau ini sangat menakjubkan, terdapat beragam biota laut dan terumbu karang yang masih alami.
Ini adalah surga bagi para penyelam.
Jika ingin berkunjung ke Pulau Derawan ada beberapa rute yang bisa menjadi pilihan, pertama kita dapat langsung menuju Kabupaten Berau kemudian melanjutkan perjalanan ke Derawan, jalur kedua apabila dari Jakarta kita harus menuju Balikpapan kemudian ke Tarakan dan dari Tarakan kita menggunakan boat menuju Derawan.


Perjalanan menggunakan boat dari Tarakan ke Pulau Derawan memakan waktu sekitar tiga jam. Karena menggunakan boat sebaiknya perjalanan dilakukan ketika gelombang laut tidak terlalu tinggi.
Sampai di tujuan semua perasaan lelah akan terbayar ketika melihat keindahan pulau ini. Airnya sangat jernih, pasir putih terhampar luas di sepanjang pantai.

 
Pulau Derawan juga terkenal dengan penyunya. Kita akan menjumpai anak-anak penyu di bibir pantai, mereka tidak lari sama sekali ketika didekati. Kita bisa menyaksikan matahari terbenam ditemani penyu, ketika malam tiba kita akan menyaksikan langit luas yang bertaburan bintang. Sebuah pemandangan langit malam yang tidak akan pernah kita temui di kota.


Hal menakjubkan lainnya dari pulau ini adalah, di sekitar Derawan terdapat beberapa pulau lainnya. Yaitu pulau Sangalaki, Kakaban, Maratua, dan Simama. Kelima pulau ini saling berhubungan. Derawan berarti anak perawan, Sangalaki berarti sang suami, Kakaban artinya sang kakak, Maratua adalah mertua dan Simama berarti sang mama. 

Pulau-pulau ini dipisahkan oleh jarak yang tidak terlalu jauh. Dan inilah yang menjadi pesona lain dari Pulau Derawan. Pada pulau Kakaban terdapat sebuah danau yang dinamai Danau Kakaban. Danau ini merupakan salah satu dari dua danau purba yang berisi ubur-ubur tak menyengat yang terdapat di dunia. Danau lainnya yang seperti ini terdapat di Republik Palau. 
Masing-masing pulau menawarkan keindahannya sendiri.

Pulau Derawan masih sangat alami, pemerintah daerah memang tidak menganjurkan adanya pembangunan yang memanfaatkan teknologi secara berlebihan.
Jika kalian adalah penyuka wisata bahari, mencintai pantai dan senja, maka Pulau Derawan harus kalian kunjungi.



(Tulisan di atas merupakan cerita perjalanan temanku Theofilus Irwan)