Friday, May 01, 2015

Sejarah, Hari Penting, dan Hal-hal Menarik pada Bulan Mei

Sejarah Nama Bulan Mei 
 
Kata Mei berasal dari bahasa Latin, Maius, yang diperkirakan diambil dari nama Dewi Maia, putri dari Atlas dan Pleione, ibu dari Hermes (Mitologi Yunani). Pada bulan ini bunga-bunga bersemi, burung-burung berkicau merdu  Di Inggris banyak festival diadakan untuk menyambut musim semi ini. Bulan ini dianggap sebagai bulan romantis tapi bangsa Romawi menolak melangsungkan upacara pernikahan di bulan ini karena pada bulan ini juga berlangsung festival untuk menghormati Bona Dea, dewi yang tidak pernah berhubungan intim.


Hari Penting di Indonesia Pada Bulan Mei
 
Pada bulan Mei diperingati beberapa hari penting. Dimulai dengan tanggal 1 Mei, dunia memperingat hari buruh yaitu untuk mengenang peristiwa unjuk rasa 1 Mei 1886 di Amerika Serikat yang dilakukan besar-besaran oleh para buruh di sana. 
1 Mei juga merupakan hari peringatan pembebasan Irian Barat. Pada 1 Mei 1963 PBB menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia.
Pada tanggal 2 Mei yang diperingati adalah Hari Pendidikan Nasional atau dikenal juga dengan Hardiknas. Hardiknas diperingati setiap tanggal 2 Mei untuk mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara karena beliau adalah pelopor pendidikan di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara sering menyampaikan kritik terhadap kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda yang hanya memperbolehkan pendidikan bagi anak-anak keturunan Belanda atau anak-anak orang kaya. Banyak tulisan berisi kritik yang dibuatnya sehingga dia diasingkan ke Pulau Bangka kemudian dipindahkan ke Belanda. Setelah mengalami masa pengasingan tersebut Ki Hadjar Dewantara kembali ke Indonesia dan mendirikan Perguruan Taman Siswa, sebuah lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi untuk memperoleh pendidikan. Inilah yang menjadi konsep pendidikan nasional.
Kemudian pada tanggal 17 Mei yang diperingati adalah hari buku nasional sedangkan peringatan hari buku internasional jatuh pada tanggal 23 April. 17 Mei diperingati sebagai hari buku nasional karena pada 17 Mei 1980 didirikan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) di Jakarta.
Hari penting lainnya yaitu Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei. Tanggal 20 Mei sendiri merupakan tanggal kelahiran Boedi Oetomo, tokoh pelopor kebangkitan nasional kaum pemuda Indonesia.
Pada tanggal  21 Mei yang diperingati adalah hari peringatan Reformasi yaitu untuk memperingati reformasi besar yang terjadi di Indonesia. Pada tanggal 21 Mei 1998 demonstrasi besar-besaran dilakukan oleh Mahasiswa mereka menuntut reformasi pemerintahan, perusakan dan penjarahan terjadi di kota besar, kerusuhan yang tidak kunjung selesai membuat presiden Soeharto mundur dari jabatannya setelah menjabat selama 6 periode (30 tahun). Ini merupakan reformasi besar-besaran bagi negeri ini, karena itu tanggal 21 Mei ditetapkan sebagai peringatan hari Reformasi.
Tanggal 29 Mei yang diperingati adalah Hari Keluarga Nasional dan tanggal 31 Mei diperingati hari Tanpa Tembakau Sedunia (World no tobacco day). Tujuan dari peringatan ini adalah untuk membangun kesadaran global akan bahaya penggunaan tembakau dan bahaya negatifnya bagi kesehatan.


Hal-Hal Menarik Pada Bulan Mei

Sejarah dunia mencatat bahwa pada tanggal 9 Mei tahun 1653 Taj Mahal yang merupakan salah satu bangunan arsitektur Islam terindah di dunia selesai dibangun. Pada 15 Mei tahun 1776 kapal uap pertama dibangun oleh seorang bangsawan Perancis bernama Marquis de Jouffroy d'Abbans.
Pada bulan Mei juga tepatnya tanggal 29 Mei 1953 untuk pertama kalinya puncak Gunung Everest berhasil dicapai. Pendaki gunung asal Selandia Baru bernama Edmund Hillary dan pemandu jalan asal Nepal, Tenzing Norgay berhasil menjadi orang pertama yang mencapai puncak Gunung tertinggi di dunia ini.
Selain beberapa catatan sejarah dunia tersebut hal menarik lainnya adalah bahwa pada tanggal 2 Mei Argentina memperingati hari Pengangguran, ini muncul sebagai tindakan untuk mengimbangi hari buruh yang diperingati pada tanggal 1 Mei. Selain itu bulan Mei juga merupakan bulan penghormatan internasional untuk ayam.
Pada bulan Mei juga digelar beberapa festival unik di berbagai negara, salah satunya di Jepang. Pada tanggal 5 Mei di Jepang diadakan Festival Koinobori untuk memperingati Hari Anak. Koinobori merupakan bendera ikan yang dikibarkan oleh keluarga yang memiliki anak laki-laki. Dengan mengibarkan koinobori diharapkan anak laki-laki tersebut tumbuh kuat dan sehat seperti kinobori yang dinaikkan di atas tiang, tetap kuat meskipun ditiup angin.

***
*Tulisan ini dihimpun dari berbagai sumber.
This entry was posted in