Sunday, May 24, 2015

ENGINEERING EXPO 2015 FAKULTAS TEKNIK UNTAN

 
Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Pontianak kembali menggelar Engineering Expo pada 23-24 Mei 2015 bertempat di lantai 1 Ahmad Yani Mega Mall. Ini adalah Engineering Expo yang ke-empat kalinya, yang merupakan event tahunan Fakultas Teknik sejak tahun 2012.
Berbagai karya hasil kreativitas mahasiswa Fakultas Teknik ditampilkan, ada robot, maket-maket gedung, sketsa, mesin pengering ikan, mesin pengupas kelapa, wajan holic, dan karya-karya lainnya.
Beberapa dari karya-karya tersebut ada yang pernah diikutsertakan dalam perlombaan tingkat nasional. Ada juga karya-karya mahasiswa Teknik yang telah digunakan oleh masyarakat luas salah satunya alat pengolah air limbah restoran. Alat ini telah digunakan oleh beberapa rumah makan yang ada di Pontianak.

Selain disuguhi dengan karya-karya kreativitas mahasiswa, pengunjung juga diberi kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan alat-alat tersebut. Salah satunya mencoba memainkan sebuah game yang dirancang oleh mahasiswa prodi teknik informatika. Kegiatan ini sangat berguna bagi pelajar yang berencana melanjutkan pendidikan di Fakultas Teknik. Ada banyak informasi mengenai program studi yang terdapat di Fakultas ini. Ini adalah kesempatan untuk bertanya dan memperoleh jawaban sepuasnya mengenai fakultas Teknik dan berbagai program studi yang ada di dalamnya.

Ini dia beberapa karya teman-teman dari fakultas Teknik yang ditampilkan di Engineering Expo 2015 


Ini merupakan robot pemadam kebakaran karya mahasiswa teknik prodi Teknik Elektro. Robot ini menggunakan sensor panas.
Masih dari karya mahasiswa teknik elektro. Ini adalah Robot penyedot debu
Sketsa karya mahasiswa teknik arsitektur

Alat pengolah air limbah restoran
Wajan Holic, alat penguat sinyal yang dibuat oleh mahsiswa teknik informatika

Pengunjung juga diajak mengenali jenis-jenis aspal dan melihat alat-alat apa saja yang digunakan para kontraktor untuk bekerja.


Rasanya menyenangkan sekali bisa melihat secara langsung karya-karya kreatif teman-teman dari fakultas teknik. Sangat memotivasi dan menginspirasi, karya-karya mereka menunjukkan bahwa Kalimantan Barat punya generasi-generasi kreatif yang inovatif, Kalimantan Barat punya anak-anak muda yang sanggup untuk bersaing dan bisa dipercaya untuk menghadapi tantangan ke depan. Apa lagi akhir tahun 2015 MEA akan segera dibuka, ini menjadi kesempatan besar untuk kita mengembangkan diri seluas-luasnya. Indonesia memang memerlukan generasi muda yang produktif seperti ini, yang mampu berkarya dan karya-karya tersebut berguna bagi kehidupan masyarakat. Semoga semakin banyak anak-anak muda yang kreatif seperti ini, semakin banyak mahasiswa yang menyadari potensi yang mereka miliki dan berani mengembangkannya. Dan semoga Fakultas Teknik semakin maju.






This entry was posted in