Monday, April 20, 2015

KOPIAH UNTAN


Hai. Ujian tengah semester telah selesai. Yuhuuuu. Akhirnya setelah dua minggu akrab dengan slide-slide menyakitkan mata, aku bisa santai juga. Hahaha.
Jadi hari ini aku menjalankan RanProject yang pertama. Untuk menyajikan sebuah tulisan yang informatif bagi pengunjung blog kesayanganku ini aku berencana menulis tentang lingkungan kampusku. Yah walaupun tetap nggak yakin sih pengunjungnya bakal nambah. Hahaha. 
Jadi rencananya begini. Aku akan menulis tentang organisasi-organisasi yang ada di kampus, kelompok pecinta seni misalnya dan beberapa organisasi lainnya. Pokoknya semua hal menarik yang ada di fakultas hukum akan aku ulas dan tuliskan di blog ini. Dan hari ini, aku mendatangi sekretariat KOPIAH (Kelompok Pecinta Seni Mahasiswa Hukum) untuk mencari informasi tentang kelompok seni ini.
Aku mendatangi sekretariat Kopiah sekitar pukul 10.00 pagi, aku sempat ragu mendatangi tempat itu sendirian. Maklumlah ini kali pertamanya aku menginjakkan kaki di sana. Tempatnya tidak terlalu besar, seperti bangunan sekretariat kemahasiswaan pada umumnya. Halamannya sudah ditata sedemikian rupa, ada beberapa pohon yang sepertinya dibiarkan tumbuh dan bangku-bangku kayu yang dibuat tepat di bawah pohon di sebelah kanan, mungkin tempat mereka bersantai sore atau malam hari, ada parkiran khusus yang tidak terlalu luas dan beberapa tumbuhan yang sengaja ditanam sehingga terkesan teduh dan hijau.
Mungkin aku datang terlalu awal karena aku hanya menemui beberapa orang di sana. Dengan senyuman khasku aku menyapa mereka, dan syukurlah mereka bersikap sangat welcome. Aku memperkenalkan diri dan kami saling berjabat tangan. Tidak perlu waktu lama untuk mencairkan suasana, pertanyaan-pertanyaan yang sudah aku simpan sejak beberapa minggu yang lalu (karena aku memang sudah sangat ingin bertemu dengan mereka sejak lama) aku ajukan dengan santai dan mereka menjawabnya dengan ringan, dengan candaan yang membuat suasana semakin akrab. Kami mengobrol banyak, ada feed and back, cukup membuatku terkesan dan aku merasa berhasil menepis mitos yang berkembang bahwa ada pembatas antar kelompok di lingkungan kampus. Kami saling bertukar pendapat, aku sempat mengutaran beberapa saran dan mereka menyambutnya dengan baik.

Kopiah adalah kelompok seni yang sangat kaya. Kenapa ? karena mereka menampung semua jenis seni. Banyak seni yang bisa kita temui di sini, ada seni gerakan, suara, sastra, seni untuk mengolah nada dan memainkan instrumen dan seni lain yang walaupun peminatnya sedikit tetap bisa berkembang dalam kelompok ini. Dengan motto "99 % dibawa santai, 1 % dibawa serius", kita bisa belajar bersama-sama di sini, bersama-sama mengembangkan ide dan kreatifitas, membuat dan mengolah seni yang ada.
Banyak hal menarik yang aku dapatkan dari kelompok ini, dan aku akan menceritakannya pada tulisan berikutnya. Rasanya sangat menyenangkan bisa bertemu dengan orang-orang kreatif seperti mereka, bisa mengobrol banyak, dan mendapatkan informasi yang sangat berarti. Hari ini aku menambah pengetahuanku dan menambah teman tentunya.
Untuk selanjutnya semoga semua orang yang aku temui selalu bersikap terbuka seperti orang-orang yang kutemui di sekretariat Kopiah hari ini. Terimakasih teman-teman yang sudah meluangkan waktunya untuk mengobrol terutama untuk bang Yogi yang sudah menjawab banyak pertanyaanku. Karena hari ini aku belum bisa bertemu dengan ketuanya maka aku pastikan akan datang pada kesempatan berikutnya. Sampai ketemu di RanProject selanjutnya. Hehe.


0 komentar:

Post a Comment