Monday, April 27, 2015

Profil Singkat KOPIAH UNTAN (Kelompok Pecinta Seni Mahasiswa Hukum Universitas Tanjungpura)

KOPIAH- Kelompok Pecinta Seni Mahasiswa Hukum

KOPIAH merupakan singkatan dari Kelompok Pecinta Seni Mahasiswa Hukum, salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang berada di Universitas Tanjungpura Pontianak dan didirikan pada tanggal 11 September 1996. Kelompok seni ini dibentuk sebagai wadah untuk menampung dan mengembangkan bakat-bakat seni yang dimiliki oleh mahasiswa fakultas hukum Untan. Saat ini anggota Kopiah kurang lebih 200 orang, semuanya adalah mahasiswa fakultas hukum yang masih aktif di kampus. Keanggotaan kelompok seni ini bersifat terbuka, artinya tidak ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk bergabung dalam kelompok, asalkan berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Hukum Untan.
Ketua Kopiah saat ini adalah Hendro Murdianto Wibowo. Pergantian ketua dilaksanakan setahun sekali yaitu beberapa bulan setelah Penerimaan Mahasiswa Baru.

Filosofi Nama Kopiah

Selain singkatan dari Kelompok Pecinta Seni Mahasiswa Hukum nama Kopiah juga dipilih dengan harapan agar kelompok seni ini tetap berada di atas seperti kopiah yang dikenakan di kepala. Harapannya adalah agar Kopiah selalu berkembang dan maju, tetap di atas.

Seni apa saja yang ada di Kopiah ? 

Seperti tujuan awal dibentuknya kelompok ini, untuk menjadi wadah bagi bakat seni yang dimiliki mahasiswa Fakultas Hukum Untan, maka Kopiah menampung semua jenis bidang seni. Karena itulah Kopiah adalah kelompok seni yang kaya. Banyak bidang seni yang bisa ditemui di sini. Ada seni musik, seni rupa, seni teater,dan tari.

 Kegiatan Kopiah

 

Untuk mewujudkan tujuan dari dibentuknya kelompok ini maka Kopiah sering melaksanakan kegiatan baik di lingkungan kampus maupun mengikuti event-event dari luar seperti perlombaan membaca puisi tingkat nasional yang beberapa bulan lalu diadakan di Semarang. Mereka sering juga melaksanakan pertunjukkan teater dan melakukan kerjasama dengan kelompok seni dari fakultas lain di Universitas Tanjungpura. Mereka juga pernah aktif menyanyi di beberapa cafe yang ada di Pontianak. Sebagai salah satu organisasi kampus, Kopiah juga aktif mengadakan kegiatan untuk memperingati hari besar nasional, salah satunya memperingati hari Sumpah Pemuda di Tugu Digulis.


Kopiah mempunyai kegiatan rutin yang dilaksanakan setahun sekali yaitu Kopinter, Kopiah Entertaiment. Kopinter ini diadakan sebagai bentuk kepedulian nyata kelompok ini pada dunia seni. Tujuan diadakannya kegiatan Kopinter adalah untuk memberi kesempatan dan apresiasi kepada masyarakat umum untuk menunjukkan bakat seni yang mereka miliki. Adapun perlombaan yang diadakan yaitu Modern dance kreasi, Freestyle Music, lomba karaoke serta pemilihan Miss Kopinter. Untuk pendaftarannya bisa dilakukan di Sekretariat Kopiah, di fakultas Hukum Untan.





Tidak hanya melakukan kegiatan di bidang seni, untuk menunjukkan kepedulian pada lingkungan sosial Kopiah juga melakukan bakti sosial ke beberapa panti asuhan di kota Pontianak. Kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan jiwa sosial.Beberapa kegiatan lain yang baru-baru ini dilakukan adalah Tarung Puisi dan sebuah pertunjukkan teater yang dipersembahkan dari kolaborasi dengan UKM Seni beberapa Fakultas lain di Universitas Tanjungpura.
 
Dalam acara "Tarung Puisi"




Mental Anak Kopiah


Walaupun masuk menjadi anggota Kopiah tidak memerlukan persyaratan khusus tapi saat memutuskan untuk masuk sebagai anggota maka sebagai pertanggungjawabannya kamu harus menjalani rangkaian kegiatan yang tujuannya melatih mental anggota. Karena Kopiah adalah UKM Seni dan bertujuan mengembangkan bakat seni dari mahasiswa Hukum maka mental anggotanya harus benar-benar mental seorang seniman. Seniman itu kreatif, mental seniman juga harus kreatif, tidak malu untuk menunjukkan kemampuan dalam dirinya. Karena itu untuk melatih mental anggota baru biasanya anak-anak yang baru bergabung di Kopiah akan diajak untuk menunjukkan bakat yang mereka miliki kepada orang umum. Caranya, mereka berdiri di tepi jalan tepatnya di bundaran Bambu runcing atau Bundaran Untan dengan menggunakan atribut yang sudah ditentukan. Mereka bisa menyapa orang di sana, menyanyi atau menari, pokoknya menunjukkan bahwa mental mereka adalah mental pemberani, tidak pemalu, dan mereka kreatif. Sebuah konsep yang dikemas secara menarik sehingga mebuat para peserta merasa tertantang untuk mencoba hal baru, yang bertujuan menunjukkan bakat mereka dalam seni.

Pengukuhan Anggota Baru

Untuk pengukuhan anggota baru setiap tahun diadakan di Singkawang, di sini juga diadakan beberapa rangkaian kegiatan yang tujuannya tidak lain untuk meningkatkan semangat kebersamaan, menanamkan nilai-nilai organisasi dan kreatifitas dalam kelompok.

 

Kopiah "90% bercanda 10% serius"

Seni adalah semua hal yang bergerak. Seni adalah sebuah kreatifitas. Seni itu berantakan, tidak beraturan tapi tertata dengan caranya sendiri,  seni itu Kopiah. Kopiah bukan hanya sebuah kelompok seni bagi anggotanya, tetapi juga keluarga.



Sesungguhnya tidak semua orang bisa berkembang ketika berbaur dalam kelompok, adanya aturan-aturan tertentu justru membuat seseorang merasa dibatasi. Tapi di Kopiah semua aturan yang ada terasa tidak mengekang sama sekali, dengan motto "90% bercanda, 10% serius" anggota dalam kelompok bisa dengan leluasa mengembangkan kemampuannya, saling mengajari, berbagi pengalaman, sama-sama belajar dan saling mendukung.
Anak kuliah itu perlu hiburan. Salah satu cara untuk mendapatkan hiburan di kampus ya bergabung dengan UKM Seni yang sudah tersedia, berkaryalah di sana, kembangkan kreatifitasmu. Mengutip kalimat bijak dari penulis favoritku Raditya Dika "Jika kamu bosan dengan tontonan yang ada buatlah Film sendiri, jika kamu bosan dengan bacaan yang ada buatlah tulisanmu sendiri". Intinya berkaryalah sebanyak-banyaknya. Wujudkan ide-ide di kepala kita. Lihatlah ada berapa banyak seniman besar di negeri ini yang mengawali perjalanannya dari sebuah kelompok. Semoga dengan adanya kelompok seni seperti Kopiah semangat berkarya teman-teman semakin terpacu. Kita muda dan perlu hiburan

Salah seorang alumni Kopiah yang sekarang sudah memiliki galeri lukisan pribadi

Berkreasilah tanpa batas, semoga Kopiah tetap di atas, tetap menjadi tempat yang asik untuk mengembangkan seni yang ada di Fakultas Hukum Untan. Salam kreatif.
This entry was posted in

1 comment: