Thursday, April 23, 2015

23 April, World Book Day, Selamat Hari Buku Sedunia

Selamat Hari Buku Sedunia teman-teman..

APA ITU HARI BUKU SEDUNIA ?
Hari buku sedunia atau World Book Day adalah sebuah perayaan buku dan literasi yang diadakan setiap tahun di seluruh dunia. Perayaan ini merupakan bentuk penghargaan dan kemitraan antara pengarang, penerbit,distributor,organisasi perbukuan serta komunitas-komunitas yang semuanya bekerja sama mempromosikan bujku dan literasi sebagai bentuk pengayaan diri dan meningkatkan nilai-nilai sosial budaya kemanusiaan.


SEJARAH SINGKAT WORLD BOOK DAY
Di Catalonia, Spanyol pada 23 April diadakan festival mawar untuk merayakan hari St.George. Pada perayaan tersebut pria akan memberikan mawar kepada kekasihnya. Buku menjadi tambahan baru sejak tahun 1923 karena pada 23 April 1923 dirayakan juga hari literatur sebagai penghormatan kepada Miguel de Cervantes Saavedra, seorang pengarang Don Quixote, karya sastra yang dianggap sebagai novel modern pertama di dunia, yang meninggal pada 23 April 1616. Sampai pada tahun 1925 para perempuan Catalonia memberikan sebuah buku sebagai pengganti mawar yang diterimanya pada festival mawar perayaan St.George.
Tradisi ini menaikkan minat terhadap buku, pada masa itu lebih dari setengah penjualan buku terjadi di Catalonia. Sekitar 400.000 eksemplar buku terjual sebagai balasan lebih dari empat juta tangkai mawar.
Pada tahun 1995, Konferensi Umum UNESCO di Paris mengambil festival mawar dan buku itu dan menjadikannya Hari Buku dan Hari Hak Cipta Sedunia. Sejak itulah tanggal 23 April ditetapkan sebagai Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia. Pada tanggal 23 April juga banyak sastrawan besar lahir dan meninggal dunia. William Shakespear, Miguel de Cervantes, Inca Garcilado de la Vega dan Josep Pla meninggal dunia pada tanggal 23 April sedangkan Manuel mejia Vallejo, Maurice Druon, Vladimir Nabokov, dan Halldor Laxness dilahirkan pada tanggal ini.
Di Indonesia sendiri Hari Buku pertama kali dilaksanakan pada tahun 2006, yang memprakarsainya adalah Forum Indonesia Membaca.


SEBERAPA PENTINGNYA BUKU ?
Penting sekali. Sangat penting. 
Buku adalah sumber pengetahuan. Tanpa buku mungkin tidak akan ada ilmu pengetahuan. Semua ilmu pengetahuan yang pernah ada diwariskan secara turun temurun melalui buku. Karena itu ada peribahsa yang berbunyi "Buku adalah jendela dunia". Hanya dengan sebuah buku kita bisa mengetahui seluruh isi dunia bahkan sampai bagian yang tidak pernah kita pikirkan sama sekali. Dengan buku kita bisa mengetahui rahasia besar yang pernah ada di abad sebelumnya, dengan buku kita bisa menjelajahi waktu. Kita bisa berada di masa lalu, masa sekarang, dan masa depan dengan sebuah buku. Buku tidak akan hilang tertelan waktu bahkan ketika peradabaan berganti sebuah buku tetaplah menjadi sumber pengetahuan yang diperlukan untuk masa yang akan datang.