Sunday, March 29, 2015

Rindu

Dan kami berjumpa lagi. Saling bertatapan dalam diam, berbicara melalui pikiran masing-masing. Kami diam dan tanganku menggengam jarinya, erat. Aku tahu waktu akan berlalu dengan cepat, selalu cepat bagi orang yang membutuhkan. Dan tak akan kubiarkan waktu itu berlalu percuma, aku ingin menghabiskannya di sini, bersamanya. Meski dalam diam sekalipun. Aku sangat merindukannya.
Kami masih berhadapan, tangan kami masih erat menggenggam satu sama lain. Sampai akhirnya pelayan itu datang membawa segelas mocacino hangat. Menyentakkan lamunanku. Melepaskan genggaman kami, membuyarkan pikiranku, dan mengacaukan khayalanku. Aku duduk sendirian sedari tadi, memandang senja yang tak indah oleh mendung, menggengam jemarinya dalam ingatanku. Aku sedang berkhayal tentangnya, aku memikirkannya, ah aku sedang merindukannya.

Sebuah sore di Oishii

Pada akhirnya semua akan kembali seperti semula..
Aku duduk di pojok ruangan mungil ini, menunggu semangkuk ramen yang sudah ku pesan beberapa menit yang lalu. Jari-jariku memainkan layar handphone, membentuk pola-pola tidak beraturan. Aku benar-benar kembali pada kesendirian akhirnya. Setelah memutuskan berpisah dengannya aku mulai menjalani kehidupanku yang dulu. Seperti saat aku belum mengenalnya.
Sebagai orang yang tidak mempunyai banyak teman aku sudah terbiasa menjalani sesuatu sndirian, menonton sendirian, ke toko buku sendirian, belanja sendirian, memesan makanan sendirian, dan banyak hal lain yang biasanya orang-orang lakukan bersama temannya kulakukan sendirian. Sampai akhirnya aku bertemu dengannya. Tidak perlu ku uraikan seperti apa, yang jelas sejak mengenalnya aku tidak pernah benar-benar sendirian. Melewati banyak hal bersama membuatku sedikit mengutuk keadaan yang sekarang. Aku merindukannya.
Dan sore ini, aku sengaja berencana menghabiskan waktu di sini. Mengenangnya. 
Menjadi terbiasa dengan keadaan baru bukan hal yang mudah. Ada sesuatu yang kurang, seperti tidak lengkap. Kadang saat rindu mampir ketika aku sedang merasakan perasaan kurang lengkap ini maka menangis menjadi satu-satunya hal yang paling melegakan. Perasaan kehilangan akan sangat terasa saat aku mengunjungi tempat yang biasa kami kunjungi berdua. Tapi yah begitulah, tidak ada pertemuan yang abadi. Inilah kenyataan, inilah yang harus kujalani sekarang. 
Life must go on, tidak peduli sesedih apa perasaanmu hidup terus berjalan. Tidak akan ada yang berhenti hanya untuk menghibur hatimu yang sedih. Karena itu aku tahu aku tidak boleh terlalu tenggelam dalam sedih ini. Kehilangan itu suatu kepastian.
Ini memang tidak mudah. Tapi percayalah semua hanya masalah waktu. Dan sesungguhnya aku sedang kembali pada diriku yang sebenarnya, seorang penyendiri. Aku pernah sendirian sebelum aku mengenalnya, aku pernah bahagia bahkan sebelum berbagi tawa dengannya, jadi aku tidak akan takut lagi. 
Aku tidak takut lagi. 
Tidak masalah jika menangis masih sering mampir sebelum aku tidur, aku tidak bisa memaksa tawa untuk datang saat rindu sedang bertandang. Aku hanya harus lebih sering menghibur diri sendiri, seperti saat ini. Menghabiskan sore hari di Oishii, menuliskan catatan-catatan pendek untuk rindu yang panjang.


Kita tidak sedang saling melupakan. Hanya saja kita sedang menjalani hidup seperti saat kita belum saling mengenal satu sama lain.

Tuesday, March 24, 2015

Kutipan bijak Raditya Dika dalam novel Koala Kumal

Novel ini adalah novel yang cocok dibaca oleh siapa saja yang sedang patah hati. Saya merangkum beberapa kalimat bijak yang saya temukan dalam buku Koala Kumal karya Raditya Dika ini. 
  • Setiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandangnya terhadap cinta seumur hidupnya.
  • Kita akan selama-lamanya menjadi orang lain gara-gara satu patah hati kampret dalam hidup kita
  • Selalu, yang baru akan terlihat lebih baik daripada yang lama.
  • Problemnya bukan mencari orang yang lebih baru, tetapi untuk memperjuangkan yang nyaman.
  • Perlu berapa kali diselingkuhi agar kita kuat menghadapi patah hati ?
  • Jodoh ; Kadang di tempat yang tidak diduga bisa ketemu, kadang di tempat terbaik sekalipun bisa tidak ketemu.
  • Sampai saat ini pun gue bisa berkenalan dengan perempuan yang gue suka, pada sebuah kebetulan, dan akhirnya saling menyebut nama satu sama lain.
  • Semua cowok punya teman cewek yang sedekat apapun mereka, tahu teman cewek itu gak bakalan jadi pacar. Mereka sama-sama tahu bahwa mereka selamanya hanya akan jadi teman.
  • Semenjak putus dan saat melihat foto itu kembali, aku seperti melihat dua orang yang sudah mati. Hubungan yang sudah mati.
  • Esensi sebuah hubungan adalah dengan adanya keberadaan orang yang kita sayang di samping kita.
  • Karena yang bisa menyelamatkan Long Distance Relationship adalah ke-percayaan.
Nah itu dia beberapa kalimat bijak yang bisa saya rangkum dari novel Koala Kumal. Sebenarnya banyak kalimat-kalimat bijak lainnya, tapi karena Raditya Dika bukan seorang penulis mellow dia menyampaikannya dengan kalimat ringan, yang sebenarnya kalau kita pahami maknanya sangat bijaksana.  
Membaca cerita di buku ini dapat membuat perasaan sedih menjadi sedikit lega. Raditya Dika itu jago meracik hal-hal sederhana menjadi sesuatu yang layak ditertawai atau direnungkan.

Tuesday, March 10, 2015

Lagu-lagu romantis

Cieee. hehehe. bingung gimana cara mengungkapkan perasaan pada pasangan ? hayo biar nggak terlalu mainstream coba deh ungkapkan perasaan kamu melalui lirik-lirik lagu di bawah ini. Banyak hal yang canggung untuk diungkapkan secara langsung, karena itu gunakan saja lagu, di bawah ini ada beberapa lagu yang tepat untuk mengungkapkan perasaanmu.


  • Thinking Out Loud (Ed Sheeran)
Lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi asal Inggris ini merupakan lagu yang benar-benar romantis, untuk yang sering bertengkar, sering putus nyambung, sering ngambek-ngambekkan lagu ini cocok banget deh. Lirik-liriknya pas untuk mengungkapkan rasa sayang yang teramat dalam pada pasangan. Nah yang pacarnya lagi ngambek, silahkan nyanyiin lagu ini untuk dia, atau sekedar kirimin liriknya. Kalau dia peka, pasti cara ini bisa mendamaikan kalian. Hihihi

When your legs don't work like they used to before
And I can't sweep you off of your feet
Will your mouth still remember the taste of my love?
Will your eyes still smile from your cheeks?

And, darling, I will be loving you 'til we're 70
And, baby, my heart could still fall as hard at 23
And I'm thinking 'bout how people fall in love in mysterious ways
Maybe just the touch of a hand
Well, me—I fall in love with you every single day
And I just wanna tell you I am

So honey now
Take me into your loving arms
Kiss me under the light of a thousand stars
Place your head on my beating heart
I'm thinking out loud
That maybe we found love right where we are

When my hair's all but gone and my memory fades
And the crowds don't remember my name
When my hands don't play the strings the same way
I know you will still love me the same

'Cause honey your soul could never grow old, it's evergreen
And, baby, your smile's forever in my mind and memory
I'm thinking 'bout how people fall in love in mysterious ways
Maybe it's all part of a plan
Well, I'll just keep on making the same mistakes
Hoping that you'll understand

But, baby, now
Take me into your loving arms
Kiss me under the light of a thousand
Place your head on my beating heart
Thinking out loud
That maybe we found love right where we are

So, baby, now
Take me into your loving arms
Kiss me under the light of a thousand stars
Oh, darling, place your head on my beating heart
I'm thinking out loud
That maybe we found love right where we are
Oh, baby, we found love right where we are

And we found love right where we are





  • A sky full of stars (Coldplay)
Lagu yang dibawakan oleh grup musik rock altenatif ini menceritakan tentang kekaguman seseorang terhadap pasangannya. Nah untuk yang cowok, lagu ini cocok banget untuk cewek kalian, mungkin kalian bukan tipe cowok yang senang memberi pujian langsung pada pasangan maka mengungkapkan lewat lagu ini bisa jadi pilihan. Cuse in sky full of stars i think i saw you :)


'Cause you're a sky, 'cause you're a sky full of stars
I'm gonna give you my heart
'Cause you're a sky, 'cause you're a sky full of stars
'Cause you light up the path

I don't care, go on and tear me apart
I don't care if you do, ooh
'Cause in a sky, 'cause in a sky full of stars
I think I saw you

'Cause you're a sky, 'cause you're a sky full of stars
I wanna die in your arms
'Cause you get lighter the more it gets dark
I'm gonna give you my heart

I don't care, go on and tear me apart
I don't care if you do, ooh
'Cause in a sky, 'cause in a sky full of stars
I think I see you
I think I see you

'Cause you're a sky, you're a sky full of stars
Such a heavenly view
You're such a heavenly view


  • Stay (Miley Cyrus)
Nahahaha dari judulnya aja pasti udah ketebak kan ini lagu yang dibuat untuk apa ? haha untuk hubungan putus nyambung, trus salah satu pasangannya mengungkapkan kesediaannya untuk bertahan, no matter what, yup bener banget. Walaupun rada galau tapi ini liriknya romantis banget, mengungkapkan perasaan sayang seseorang pada pasangannya, sayang yang selalu bertambah, saat mereka berpisah rasanya resah banget. Ah pokoknya lagu ini jleb banget deh, yang cewek pasti suka, apa lagi ini rada ke lagu untuk orang yang nggak bisa move on dari pasangan. Untuk yang lagi marahan sama pacarnya hayo, minta maaf lewat lagu ini gih, buruan. hee
Well, it's good to hear your voice
I hope you're doing fine
And if you ever wonder,
I'm lonely here at night
I'm lost here in this moment and time keeps slipping by
And if I could have just one wish
I'd have you by my side

Oh, oh I miss you
Oh, oh I need you

And I love you more than I did before
And if today I don't see your face
Nothing's changed, no one can take your place
It gets harder everyday

Say you love me more than you did before
And I'm sorry it's this way
But I'm coming home, I'll be coming home
And if you ask me I will stay, I will stay

Well, I try to live without you
The tears fall from my eyes
I'm alone and I feel empty
God, I'm torn apart inside

I look up at the stars
Hoping you're doing the same
And somehow I feel closer and I can hear you say

Oh, oh I miss you
Oh, oh I need you

I love you more than I did before
And if today I don't see your face
Nothing's changed, no one can take your place
It gets harder everyday

Say you love me more than you did before
And I'm sorry that it's this way
But I'm coming home, I'll be coming home
And if you ask me I will stay, I will stay
Always stay

I never wanna lose you
And if I had to I would choose you
So stay, please always stay
You're the one that I hold onto
'Cause my heart would stop without you

I love you more than I did before
And if today I don't see your face
Nothing's changed, no one can take your place
It gets harder everyday

Say you love me more than you did before
And I'm sorry that it's this way
But I'm coming home, I'll be coming home
And if you ask me I will stay, I will stay
I'll always stay

And I love you more than I did before
And I'm sorry that it's this way
But I'm coming home, I'll be coming home
And if you ask I will stay, I will stay
I will stay



  • Just a kiss (Laddy Antebellum)
Lagu yang dibawakan grup country music asal Nashville, Tennessee, Amerika Serikat ini pas banget didengarkan saat kamu sedang berduaan dengan pasanganmu. Kalimat pada penggalan liriknya mengungkapkan bahwa tidak perlu terburu-buru, akan ada waktunya, cukup dengan sebuah kecupan. Ah romantis lah pokoknya. Pegang tangan cewekmu, peluk, pejamkan mata kalian dan dengarkan lagu ini. Nikmati menit-menit bersamanya. Biarkan wanitamu merasa dilindungi, just a kiss.

Lyin' here with you so close to me
It's hard to fight these feelings when it feels so hard to breathe
Caught up in this moment
Caught up in your smile

I've never opened up to anyone
So hard to hold back when I'm holding you in my arms
We don't need to rush this
Let's just take it slow

Just a kiss on your lips in the moonlight
Just a touch of the fire burning so bright
No I don't want to mess this thing up
I don't want to push too far
Just a shot in the dark that you just might
Be the one I've been waiting for my whole life
So baby I'm alright, with just a kiss goodnight

I know that if we give this a little time
It'll only bring us closer to the love we wanna find
It's never felt so real, no it's never felt so right

Just a kiss on your lips in the moonlight
Just a touch of the fire burning so bright
No I don't want to mess this thing up
I don't want to push too far
Just a shot in the dark that you just might
Be the one I've been waiting for my whole life
So baby I'm alright, with just a kiss goodnight

No I don't want to say goodnight
I know it's time to leave, but you'll be in my dreams

Tonight
Tonight
Tonight

Just a kiss on your lips in the moonlight
Just a touch of the fire burning so bright
No I don't want to mess this thing up
I don't want to push too far
Just a shot in the dark that you just might
Be the one I've been waiting for my whole life
So baby I'm alright, oh, let's do this right, with just a kiss goodnight
With a kiss goodnight
Kiss goodnight
***

Wokeh itu dulu reviewnya. hehe. Pokoknya kalau malu mengungkapkan sesuatu secara frontal pada pasanganmu gunakan saja cara ini, ungkapkan dengan lagu. Pasti berhasil.
This entry was posted in

Monday, March 09, 2015

Hal-hal yang dimengerti setelah jauh dari orangtua

Selama tinggal bersama orangtua kamu pasti pernah merasa orangtuamu tidak pengertian. Kamu pasti pernah merasa risih saat ayahmu selalu menelponmu ketika kamu sedang ngumpul bersama teman-temanmu dan mendapatinya duduk di ruang tamu dengan cemas menunggumu pulang, mungkin kamu pernah ngambek saat ibumu mengomel tentang kebiasaan burukmu bangun kesiangan, atau kamu pernah merasa orangtuamu tidak adil karena selalu memberi uang saku lebih pada kakakmu yang sedang kuliah di kota yang berbeda.
Di bawah ini ada beberapa hal yang mungkin baru kita sadari setelah kita berpisah dengan orangtua kita, berpisah karena alasan melanjutkan pendidikan.

SEGALA SESUATU ADA WAKTUNYA

Seringkali kita merasa dikekang oleh orangtua kita, merasa diatur dan dibatasi. Keluar tidak boleh lama-lama, tidak boleh mengendarai kendaraan sebelum mempunyai SIM, tidak boleh begadang sampai subuh, tidak boleh jalan berduaan sama pacar, tidak boleh menggunakan make up tebal, tidak boleh menggunakan rok pendek, dan tidak boleh tidak boleh lainnya.
Kita sering bertengkar dengan orangtua kita karena larangan-larangan yang mereka buat, membohongi mereka hanya untuk kesenangan kita, mengabaikan aturan-aturan yang mereka buat, aturan yang menurut kita menyebalkan, membuat kita kesal kenapa harus mempunyai orangtua seperti mereka. Sampai akhirnya saat harus berpisah dengan mereka, saat itulah kita akan menyadari bahwa hal yang paling kita rindukan dari mereka adalah aturan-aturan yang membosankan itu.
Saat berpisah dengan mereka kita benar-benar mengurusi diri kita sendiri, tanpa campur tangan mereka lagi. Tidak ada larangan untuk begadang, menggunakan make up atau rok pendek ketika pergi ke mall. Dan saat itulah kita menyadari bahwa semua memang ada waktunya. Orangtua kita selama ini hanya sedang menuntun kita, mereka tidak pernah benar-benar mengikat kita pada satu tempat, mereka hanya menyimpan apa yang harus kita gunakan di kemudian hari, mereka menyimpan "waktu itu", waktu untuk kita gunakan pada saat yang tepat. Dan saat jauh dari mereka silahkan, silahkan lakukan apa yang selama ini mereka larang, lakukanlah karena sekarang memang waktunya dan lihatlah mereka memang tidak melarang kita lagi kan ?
Sebesar apapun kebebasan yang kita dapatkan saat jauh dari orangtua, itu tidak sebanding dengan kenyamanan saat bersama mereka.
Meskipun orangtua kita kadang over protectif bukan berarti mereka tidak ingin melihat kita bahagia bergaul bersama teman. Percayalah semua orangtua selalu ingin membahagiakan anak-anaknya.
Segala sesuatu ada waktunya. Dan saat sudah tidak bersama mereka, saat itulah kamu menyadari itu.


HEMAT ITU HARUS

Saat masih bersama orangtua kita, kita tidak pernah terlalu perhitungan mengeluarkan uang. Pokoknya ketika bersama orangtua tidak ada keresahan untuk hari esok, semuanya terasa mudah, terasa tentram.
Jarang sekali kita berniat menabung. Saat mendapat uang tambahan kita pasti langsung berpikir keras hendak menggunakannya untuk apa. Boros terasa biasa saja saat kita masih bersama orangtua kita.
Tapi saat sudah berpisah, saat jauh dari orangtua, saat itulah kita akan menyadari bahwa hemat itu adalah suatu keharusan. Akan timbul penyesalan kenapa kita mengabaikan nasehat mama untuk berhemat. Kita akan memahami alasan kenapa mama selalu memberi uang saku lebih banyak pada kakak yang kuliah di luar kota. Saat berpisah dengan orangtua kita harus bisa mengatur keuangan kita, harus pandai menggunakannya untuk keperluan yang selalu ada, bahkan kadang mendadak.
Uang receh yang biasanya kita abaikan bisa menjadi penyelamat saat akhir bulan, bahkan uang-uang receh itu sengaja dikumpulkan untuk membayar fotocopy atau membeli roti, saat jauh dari orangtua boros adalah sesuatu yang tabu, kita akan mengerti betapa sulitnya menjadi orang yang hemat. Dan saat jauh dari mereka kita juga akan lebih menghargai nilai dari uang itu, menghargai usaha keras orangtua kita untuk memberikan uang saku bulanan, semua pengeluaran yang kita lakukan terasa seperti sebuah tekanan, bahkan kadang sesudah berbelanja kita akan termenung memandang struk belanjaan dan menghela nafas panjang, akan ada rasa menyesal saat menyadarii kita membelanjakan uang terlalu banyak, apa lagi jika mengeluarkan uang untuk sesuatu yang ternyata tidak terlalu diperlukan.
Karena itu, sebelum penyesalan-penyesalan itu datang belajarlah untuk mengatur keuangan kita mulai dari sekarang. Apalagi jika masih bersama orangtua, kita pasti sering mendapat uang tambahan, tabunglah, karena saat sudah jauh dari mereka hemat itu adalah keharusan.

HARUSNYA AKU BELAJAR "INI" DARI DULU
Pernah diteriak-teriaki mama dari luar karena lama nggak keluar kamar ? diomeli gara-gara kamar berantakan ? dikatain pemalas karena tidak bisa memasak dan mengerjakan perkerjaan rumah ?
Hampir setiap hari omelan mama pasti itu-itu saja, perihal kamar yang berantakan, pekerjaan rumah yang terbengkalai karena lebih memilih menontoh atau membaca novel daripada mengepel dan mencuci piring, diomeli karena tidak bisa memasak, menyetrika tidak rapi, dan omelan-omelan lainnya yang sampai membuat kita jenuh berlama-lama di rumah.
Waktu masih bersama orangtua, kita seringkali bermanja-manja. Saat weekend mama sibuk di dapur kita pasti menyibukkan diri supaya tidak diajak memasak, entah kenapa memasak itu sangat sulit rasanya, mengumpulkan niat untuk melakukannya sangat payah. Mungkin yang ada pembantu bahkan tidak pernah mengerjakan pekerjaan rumah sama sekali.
Ketika sudah berpisah dengan orangtua barulah kita mengerti kenapa dulu mama sangat ngotot mengajari kita melakukan hal-hal itu. Membersihkan kamar dengan teratur, mengelap lantai supaya debu-debunya tidak melekat, melipat dan menyetrika pakaian dengan rapi, memasak nasi dan sayur dengan benar, mencuci piring sampai benar-benar bersih. Saat berpisah dengan orangtualah baru kita menyesal mengapa tidak belajar melakukannya dari dulu.
Tidak ada mama berarti tidak ada yang memasak, maka dengan terpaksa kita harus memasak sendiri. Mengandalkan makanan di luar tidaklah baik, dengan sendirinya kamu akan mengerti nanti. Niat untuk memasak akan muncul dengan sendirinya saat kamu tinggal sendirian, apalagi jika konsep hemat itu sudah melekat dalam dirimu maka membeli makanan di luar itu tidak dianjurkan untuk sering dilakukan.
Begitu juga dengan mencuci, melipat, dan menyetrika pakaian. Kita tidak mungkin mengeluarkan puluhan ribu rupiah hanya untuk membayar biaya laundry, karena itu mau tidak mau kita harus melakukannya sendiri. Memang tidak mudah, apalagi jika selama bersama orangtua kita tidak pernah mencuci dan menyetrika baju sendiri. Tapi saat sudah tidak bersama mereka hal ini harus kita lakukan sendiri.
Kemudian membereskan rumah, menyusun ini itu, menata letak barang-barang dalam ruangan. Semua hal yang terasa sulit dilakukan sewaktu kita masih bersama orangtua akan terasa mudah dengan sendirinya, dan alangkah lebih mudahnya jika kita sudah mempelajari itu sejak dulu, sejak masih bersama mama, orang yang selalu menawarkan diri untuk mengajari kita tapi selalu kita tolak dengan alasan malas. Karena itu, kalau masih serumah dengan mama, mumpung ada mama ayo belajarlah mengurusi pekerjaan rumah supaya tidak kagok saat harus tinggal sendiri nanti.

Banyak hal sederhana yang kita abaikan selama kita masih bersama orangtua kita. seringkali kita memusuhi mereka karena nasehat mereka padahal nasehat itu untuk kebaikan kita sendiri.
This entry was posted in