Thursday, November 06, 2014

Berbicaralah, katakan, dan ceritakan.

"Sesungguhnya yang seseorang butuhkan ketika galau adalah telinga, pundak itu cuma bonus"
Itu adalah kutipan bijak yang sering orang (galau) gunakan untuk mengungkapkan bahwa saat ini dia hanya perlu  teman untuk dijadikan pendengarnya. hanya mendengarkan, tidak perlu berkomentar sekiranya tidak mau. 
Banyak hal yang bisa membuat galau. Tugas kuliah yang menumpuk, jerawat yang tak sembuh-sembuh, berat badan yang tak pernah naik, hubungan dengan pacar yang sedang rumit, bahkan saldo di ATM yang hanya bersisa 57.000 padahal baru tanggal 20. Terlalu banyak masalah, terlalu banyak pikiran. Tak ada hal lain yang melegakan selain membicarakannya. Setelah menangis seharian perasaan lega belum sepenuhnya bisa dirasakan, tetap saja masih ada sesuatu yang mengganjal. Tetap saja masih ada sesuatu yang terasa berat di hati. Karena tangisan hanya menunjukkan kesedihan, tidak menghapusnya. Perasaan sedih, galau, bimbang, atau bahkan buntu hanya dapat berkurang (sedikit) setelah kita membicarakannya dengan seseorang. Akan lebih melegakan jika kita mendapatkan solusinya. Apa yang kita rasakan tidak selamanya bisa kita pendam. Sedih yang dipendam terlalu lama hanya akan berakibat buruk. kehilangan nafsu makan dan jarang bicara misalnya, karena itu kita perlu teman untuk dijadikan pendengar. Mendengar keluh kesah dan keresahan yang kita rasakan.
Tapi jika kamu termasuk orang yang senang memendam perasaan, sering meredam kesedihan seorang diri. Percayalah, perasaan lega akan segera kamu dapatkan setelah berbicara menceritakan perasaanmu dengan seseorang ketimbang kamu harus menangis seharian di kamar, atau menulis kemudian tidak seorangpun boleh membacanya, membaca bertumpuk-tumpuk majalah yang hanya membuat mata berkaca-kaca atau memutar musik kencang-kencang. Tak ada hal yang paling melegakan selain berbagi dengan seseorang. Kalau kamu belum mempunyai seseorang itu, carilah, temukan orangnya. Kamu hanya perlu telinga, pundaknya hanya bonus. Jangan pendam sedih itu lebih lama. Sendirian.
This entry was posted in