Tuesday, July 22, 2014

Sesuatu yang Tidak dimengerti.

Dalam hidup ini banyak sekali hal-hal yang tidak aku mengerti, mulai dari bagaimana dunia dan isinya ini tercipta (meskipun sudah dijelaskan dalam pelajaran agama dan geografi), bagaimana hujan- panas- dan badai bisa terjadi, bagaimana cara orang menciptakan pesawat- roket- robot, bagaimana cara orang menghitung sel-sel dalam tubuh manusia, mencocokkan DNA dan melakukan pembedahan. Semua itu terlalu rumit bagiku, tidak bisa aku pahami dengan mudah- semudah menebak ending FTV di SCTV atau MNC tv. sekalipun sudah dijejali dengan teori-teori ilmiah untuk memahami hal-hal tersebut pikiranku selalu menyimpan ruang tersendiri untuk diisi dengan ketidakmengertian.Terlalu banyak hal yang tidak aku mengerti sehingga semua itu terlihat seperti sebuah keajaiban.
Bahkan aku juga tidak mengerti dengan perasaan. Tidak mengerti bagaimana perasaan sedih, gembira, jatuh cinta, marah, kecewa, gundah, gelisah bisa muncul. Dan dari sekian banyak perasaan, aku sangat dangkal dalam mengerti perasaan cinta. Seorang teman pernah menanyaiku apa perbedaan Sayang dan Cinta, dan sampai sekarang aku tidak tahu apa perbedaan dari keduanya.
Saat ini yang aku mengerti dari perasaan cinta adalah saling menjaga dan melayani dengan ikhlas tanpa mengharapkan balasan apalagi memintanya. Itu cinta sebatas yang aku mengerti. Aku tidak tahu sayang itu yang bagaimana, apakah bagian dari cinta atau cinta bagian dari sayang. Aku tidak mengerti, tidak tahu bagaimana cara mengetahui perbedaan keduanya.