Wednesday, July 30, 2014

Untuk orang-orang kerampak dan kepala batu lainnya.



Hari ini aku dan keponakanku Annabel pergi ke toko aksesoris. Dan ada kejadian yang tidak mengenakkan terjadi sesudah kami membayar belanjaan, kejadian buruk yang disebabakan oleh sifat tidak suka mengalahku. Sebenarnya aku merasa baik-baik saja sih tapi penjaga kasir di depan kami nampaknya tidak. Kejadiannya singkat sekali, untuk membuat tulisan ini panjang aku akan menceritakan kejadian dari pertama kami datang memasuki toko itu. hahaha begini.
Aku dan Annabel masuk ke toko itu dan langsung berpencar. Annabel menuju rak bagian boneka dan aku menuju rak bagian bando. Beberapa puluh menit berlalu setelah mendapat barang yang kami inginkan kami menuju kasir dan belanjaan kami dibayar, setelah selelsai dibayar dan mbak penjaga kasir mengemas belanjaan kami Annabel melihat bandoku dan menginginkannya. Tentu saja tidak bisa, itu bando spesial yang akan aku kenakan saat berfoto bersama Vicqe dan Shaqe, dan bando itu tidak tersedia dalam jumlah banyak itu yang terakhir dan sekarang sudah habis. Dia ngotot memintanya dan aku ngotot mempertahankannya, dia meradang di sana dan aku membiarkannya, aku tetap kekeuh mempertahankan bando itu. Seharusnya aku memang mengalah, sebaiknya begitu. Tapi aah sebagian orang tidak mudah mengalah dan salah satunya aku. Aku tidak mengalah sama sekali tadi, dan itu sedikit memalukan karena aku bertengkar dengan anak yang berusia 6 tahun sedangkan usiaku 18 tahun. Rentang usia yang sangat jauh dan membuatku jadi tidak keren karena bertengkar dengan anak kecil hanya karena memperebutkan bando. Aku tahu aku memang menyebalkan, terlihat dari pandangan aneh penjaga toko yang berdiri di depan pintu keluar dan tatapan kasihan dari mbak penjaga kasir untuk Annabel, kasihan dia memiliki tante sepertiku. Ah aku memang agak keterlaluan hari ini, harusnya tidak perlu seegois itu tapi ntahlah sifat buruk ini sudah melekat erat dengan kepribadianku.
Aku sangat sadar dengan sifat burukku ini, sifat tidak mudah mengalah yang membuat beberapa orang menjaga jarak denganku. Aku memang jarang mengalah, bahkan tidak suka mengalah, termasuk ketika beradu pendapat. Karena itulah aku mendapat sebutan si kerampak sewaktu masih kecil, kemudian sebutan kepala batu oleh ayah sampai sekarang. Aku pernah mendengar cerita seorang ibu tentang keponakannya yang tidak suka mengalah, dia menceritakan segala tingkah laku keponakannya yang disebutnya tindakan tidak suka mengalah dan aku respon biasa saja karena memang biasa bagiku, karena aku hampir sama dengan keponakannya. Dia mengatakan betapa menjengkelkannya orang-orang yang tidak suka mengalah, dia mengatakan bahwa orang-orang seperti itu (kami) lebih cocok tinggal di hutan, menmyendiri. Bahkan aku punya sepupu (bagian mama) yang dikenal sangat kerampak dan tidak suka mengalah, dan aku seperti melihat pantulan diriku saat melihatnya, kami memiliki kesamaan. Sama-sama tidak suka mengalah.
Sikap tidak suka mengalah memang tidak menguntungkan sama sekali, aku sangat menyadari ini. karena itu sampai saat ini aku masih berupaya mengubah sifat buruk ini. Tapi biarkan aku menulis sesuatu tentang sifat buruk ini, mungkin tidak bisa dimengerti oleh orang-orang bijak dan suka mengalah, tapi biarkan aku menuliskannya di sini. Menurutku sifat tidak suka mengalah dipengaruhi oleh keadaan lingkungan keluarga, ya ini pasti benar karena pembentukan karakter dominan ditentukan oleh keluarga. Aku adalah anak bungsu dari dua bersaudara dan sejak kecil aku jarang sama-sama dengan kakakku. Aku tumbuh dan berkembang di lingkungan keluarga yang penyabar, semua keinginanku hampir selalu dipenuhi dan setiap melakukan kesalahan aku sangat jarang menerima hukuman. Aku juga jarang berbagi karena aku adalah anggota keluarga yang paling muda tanpa ada anggota lain yang seumuran denganku. Ini membuat posisiku di dalam keluarga sangat spesial dan istimewa, aku selalu mendapat perlakuan khusus dari Anggota keluarga yang lain karena aku yang paling kecil saat itu. ini berlangsung terus menerus sampai aku besar, selalu mendapat apa yang diinginkan menjadi kebiasaanku, dan tidak suka mengalah menjadi salah satu sifatku. Ini sangat amat tidak baik, aku tahu dan aku sedang memeperbaikinya saat ini. sifat tidak suka mengalahku kadang membuat hubunganku dengan orang di sekelilingku tidak harmonis. Jadi jika kalian mempunyai adik kecil atau keponakan kecil, jangan tanamkan kebiasaan-kebiasaan seperti ini kepada mereka, mungkin tujuannya baik, ingin membuat mereka senang. Tapi ketika kebiasaan itu sudah tertanam kuat itu akan menjadi karakter dalam pribadinya, dan semua orang harus tahu bahwa karakter merupakan tuan dalam pribadi tiap-tiap manusia. Jika seseorang mempunyai karakter yang baik maka kepribadiannya pasti baik pula dan sebaliknya. Karena itu jangan terbiasa menuruti keinginan-keinginan mereka jika itu tidak terlalu penting, jangan terlalu menampakkan perlakuan yang mengistimewakan mereka. Mereka jelas istimewa tapi tidak usah berlebihan, dan biasakan mereka untuk berbagi sejak kecil. Dengan begitu mereka akan tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang bisa bergaul dengan baik di lingkungannya.
Setelah pertengkaran dengan Annabel hari ini aku mulai berniat keras untuk berubah setidaknya lain kali aku harus bisa mengalah untuk anak kecil apalagi dia keponakanku sendiri. Ah mengubah karakter buruk menjadi karakter baik itu sulit sekali, berbeda jauh saat kita meninggalkan kebiasaan baik untuk memulai kebiasaan buruk. Aku berharap orang-orang kerampak dan kepala batu lainnya punya niat untuk memperbaiki diri setelah membaca ini.
Nah ini Annabel, tadi marahannya sebentar doang kok. Malamnya udah baikan tidurnya aja dekat te rani. hihih

This entry was posted in

Tuesday, July 29, 2014

Causin's time (Eps Bg Mbu's b'day)

Teman-teman sering nanya gimana sih rasanya serumah sama orang ganteng ? Hahahaaa maaf maaf nggak maksud ke-PDan gini ya, tapi beneran mereka bertanya seperti itu karena banyak yang bilang abangku cakep trus kakakku cantik. Aku jawabnya biasa aja yang ada malah bosan. hahaha. Iya sih punya abang-abang dan kakak cakep enak, kalo jalan jadi pusat perhatian. hihi. Dan hari ini abangku ulang tahun, ultah yang ke 27 tahun. Udah tua ya ? iya tapi dia belum aja nikah, harusnya yang bantu dia tiup lilin anak sama istrinya bukan kita-kita. Aduh abang sayang eeeh. hahaha. Tapi nggak apa-apa sih, nanti kalo udah merried kita jadi jarang jalan bareng. Atau merriednya tunggu aku udah kerja aja, jadi aku bisa kasi hadiah. Hadiah tiket honeymoon ke Putussibau misalnya. hahah. Ah Happy b'day bang Julian Alexander. Segala yang baik diusia yang sudah sangat dewasa ini, semoga segala usaha dan pekerjaannya dilancarkan, selalu sehat dan jadi bijaksana. We love you.
Taraaaaa... Selamat ulang tahun abang Mbu :* :*

Tuh udah tua jangan manja-manja lagi. weeeek :p



Hmm anak kesayangan boss ni, dapat angpao sama cokelat :D

Tuesday, July 22, 2014

Sesuatu yang Tidak dimengerti.

Dalam hidup ini banyak sekali hal-hal yang tidak aku mengerti, mulai dari bagaimana dunia dan isinya ini tercipta (meskipun sudah dijelaskan dalam pelajaran agama dan geografi), bagaimana hujan- panas- dan badai bisa terjadi, bagaimana cara orang menciptakan pesawat- roket- robot, bagaimana cara orang menghitung sel-sel dalam tubuh manusia, mencocokkan DNA dan melakukan pembedahan. Semua itu terlalu rumit bagiku, tidak bisa aku pahami dengan mudah- semudah menebak ending FTV di SCTV atau MNC tv. sekalipun sudah dijejali dengan teori-teori ilmiah untuk memahami hal-hal tersebut pikiranku selalu menyimpan ruang tersendiri untuk diisi dengan ketidakmengertian.Terlalu banyak hal yang tidak aku mengerti sehingga semua itu terlihat seperti sebuah keajaiban.
Bahkan aku juga tidak mengerti dengan perasaan. Tidak mengerti bagaimana perasaan sedih, gembira, jatuh cinta, marah, kecewa, gundah, gelisah bisa muncul. Dan dari sekian banyak perasaan, aku sangat dangkal dalam mengerti perasaan cinta. Seorang teman pernah menanyaiku apa perbedaan Sayang dan Cinta, dan sampai sekarang aku tidak tahu apa perbedaan dari keduanya.
Saat ini yang aku mengerti dari perasaan cinta adalah saling menjaga dan melayani dengan ikhlas tanpa mengharapkan balasan apalagi memintanya. Itu cinta sebatas yang aku mengerti. Aku tidak tahu sayang itu yang bagaimana, apakah bagian dari cinta atau cinta bagian dari sayang. Aku tidak mengerti, tidak tahu bagaimana cara mengetahui perbedaan keduanya.

Kutipan Novel Rectoverso: Aku Ada

Aku baik-baik saja, aku tidak sedang galau atau merasa diabaikan. aku hanya menyukai puisi ini, sangat suka. 

 

Aku Ada
Melukiskanmu saat senja. Memanggil namamu ke ujung dunia.
Tiada yang lebih pilu. Tiada yang menjawabku. Selain hatiku
dan ombak berderu.
Memandangimu saat senja. Berjalan di batas dua dunia.
Tiada yang lebih indah. Tiada yang lebih rindu. Selain
hatiku. Andai engkau tahu.
Aku memandangimu tanpa perlu menatap. Aku mendengarmu
tanpa perlu alat. Aku menemuimu tanpa perlu hadir. Aku
mencintaimu tanpa perlu apa-apa, karena kini kumiliki
segalanya.
Aku ingin meneriakkan bahagia ini, tapi entah dengan cara
apa.
Tak ada jejakku di sampingmu. Tak ada siapa-siapa. Namun,
aku merasa kita melangkah bersama. Entah bagaimana bisa
begitu.
Ingin rasanya aku ikut berlari, berteriak agar kau
kembali, mencengkeram bahumu agar kau tahu aku ada di sini.
Namun bahasaku tinggal rasa.
Aku hanya ingin merengkuhmu. Adakah engkau tahu? Aku ada.
Percayakah kamu? Aku selalu ada. Kedalam perasaan inilah
engkau akan bermuara, ke dalam perasaan inilah engkau akan
pulang dan bertemu aku lagi. Dan perasaan itu dapat engkau
nikmati sekarang di dalam hati. Tanpa perlu mati. Sekarang.
Dengarkah kamu? Aku ada. Aku masih ada. Aku selalu ada.
Rasakan aku, sebut namaku seperti mantra yang meruncing
menuju satu titik untuk kemudian melebur, meluber, dan
melebar. Rasakan perasaanku yang bergerak bersama alam
untuk menyapamu.
Semakin kuat kau mengayuh, kau malah semakin mundur ke
pasir tempat kau tadi melangkah.
Tempatmu di sana. Kembalilah ke pasir tempat jejak-jejakmu
tersimpan, kembali padanya yang menantimu dengan senyum
sayang.
Engkau tersenyum bersama segenap jiwamu, karena hari ini
kita sama-sama mengetahui satu rahasia: cinta adalah aku,
cinta adalah engkau, cinta adalah dia, dan cinta tak pernah
mati. Sekalipun jasadku sudah.

Dan sebenarnya aku berharap seseorang di sana sedang memikirkanku juga. Seseorang yang aku pikirkan saat membaca puisi ini. Rocky.
This entry was posted in

Thursday, July 10, 2014

Ciri-ciri pasangan yang masih terjebak pada masa lalunya



Stuck...
                Terjebak masa lalu mungkin hal yang wajar, manusiawi dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Sulit melupakan karena terlalu lama bersama sehingga banyak hal yang sudah dilewati, menyisakan banyak kesan dan kenangan. Itu normal, bagus untukmu sebagai makhluk sosial. oh oke, mungkin tak ada hubungannya. Eh tentu saja ada. Sebagai makhluk sosial kita harus saling menghargai dan salah satunya menghargai kenangan. Haah lupakan lupakan, tidak ada sangkutannya.
            Maksudku begini. Mungkin kamu pernah mengalami hal seperti ini. Kamu berpacaran dan pacarmu masih terjebak di masa lalunya dengan mantan pacarnya. Ini hal yang menyakitkan. Aku tau, karena aku pernah mengalaminya. Tepatnya beberapa saat sebelum aku memutusakn untuk menulis tulisan ini. Rasanya sangat amat tidak nyaman. Kita bisa mengetahui pasangan kita masih terjebak di masa lalunya melalui beberapa hal yang tidak bisa aku sebutkan semuanya karena aku bukan seorang ahli di bidang hubungan percintaan. Tapi biarkan aku menulisnya di sini. Misalnnya :
·         kamu sudah berpacaran dengannya beberapa bulan. Belum terlalu lama dan dia sering membahas tentang mantan pacarnya yang dipacarinya sebelum berpacaran denganmu., dan sering mengajakmu ke tempat yang pernah mereka kunjungi. Ini masih dalam tahap normal, masih bisa kita maklumi. Karena semua orang tau bahwa masing-masing manusia punya kenangan dan itu tidak bisa dilupakan kecuali kita mengalami kecelakaan yang menyebabkan ingatan kita rusak, atau kita mengalami penyakit sejenis Almazeir. Jadi jangan langsung marah saat mengetahui gejala “Terjebak di masa lalu” ini, kalian hanya perlu waktu untuk lebih lama sehingga dia menyadari adanya dirimu dan dia akan bersikap lebih baik padamu, berusaha menjaga perasaanmu dan hubungan kalian. Ini masih bisa dimaafkan.
·         Paasanganmu masih menyimpan dan menggunakan barang-barang dari mantan pacarnya. Ini pasti menjengkelkan. Aku tidak perlu mengungkapkan bagaimana jengkelnya pada pasangan yang bersikap seperti ini. kamu hanya perlu membaca ini dan tau bahwa pasanganmu masih terjebak di masa lalunya. Dan jika kamu merasa perlu membicarakannya, bicaralah.
·         Pasanganmu masih menyimpan pesan-pesan serta foto-foto dengan mantan pacarnya. Ini jelas menunjukkan bahwa dia memang terjebak di masa lalunya. Apalagi jika itu pesan dan foto romantis mereka dulu. Dan yang memperkuat hal ini adalah jika kamu menemukan pesan itu disimpan di folder rahasia, sangat tersembunyi dan dia tidak pernah memberi tau ini padamu. Maksudku kamu sendiri yang menemukannya. Ini sudah positif menunjukkan bahwa pasanganmu terjebak di masa lalunya.
·         Pasanganmu masih menggunakan nama mantan pacarnya sebagai password di gadget maupun akun jejaring sosialnya padahal mereka sudah lama putus dan dia sudah berpacaran dengan beberapa orang lain sesudah putus dengan orang yang namanya masih dia gunakan itu sampai akhirnya memacarimu. Rasanya sedih sekali saat mengetahui hal ini. mereka sudah putus sangat lama tapi dia masih menggunakan namanya. Dan yang sangat perlu kamu sadari pacarmu bahkan sudah berpacaran dengan beberapa orang lain untuk melupakannya tapi ternyata tidak berhasil, dan bisa jadi kamu juga hanya jadi pelariannya. Mungkin kalian perlu bicara untuk memutuskan hubungan kalian. Tidak ada yang perlu dijelaskan karena memang sudah jelas, dia terjebak di masa lalunya dan dia sedang pura-pura melupakan mantan pacarnya tapi ternyata dia tidak berhasil. Tidak usah melanjutkan hubungan untuk lebih serius lagi.
Dan itulah beberapa hal yang menunjukkan bahwa pasangan kalian (pasanganku juga) memang terjebak di masa lalunya. Dan untuk orang-orang yang terjebak di masa lalu, baca ini. kalau memang tidak bisa berpindah jangan bergerak ke mana-mana dulu, diam saja di sana. Menetaplah sampai benar-benar yakin untuk meninggalkannya, meninggalkan orang spesial itu dan meninggalkan kenangan kalian. Sehingga nanti, ketika kamu sudah menghentikan langkah seseorang dan kalian bersama, kamu tidak akan menyakitinya. Tidak ada yang tersakiti.
      Hari ini aku mendapati password email pacarku masih menggunakan nama mantan pacarnya, dan saat itu aku tau pacarku masih terjebak di masa lalunya. Tapi dia menyangkalnya dan mengatakan bahwa itu hanya hal kecil, sesuatu yang tidak penting. Dia hanya malas mengubahnya. Mungkin memang tidak penting baginya, tapi ini tentang perasaan. Aku merasa cemburu saat menyadari sampai saat ini mantan pacarnya masih sangat spesial di hatinya. Itu menyakitkan, aku tidak ingin bertengkar tapi aku juga tidak ingin menahannya. Dia harus tau, aku ingin jadi satu-satunya yang spesial saat ini, karena sekarang bersamaku maka akulah yang pertama. Mengertilah.
This entry was posted in