Saturday, March 22, 2014

Love you sista


Sudah  pukul  03.18  subuh  dan  kakak  masih  belum  pulang.  Tuhan  aku  benci  ini.  kakak  pergi  malam  mingguan  dengan  pacar  barunya  sejak  pukul  19.00  tadi.  Ntah  lah  mereka  pergi  ke  mana,  aku  harap  tidak  ke  rumah  cowok  itu.  Aku  sudah  coba  pejamkan  mata,  menonton,  memutar  lagu  rohani  yang  paling  mello  supaya  aku  bisa  tidur  dan  hasilnya  sia-sia.  Sebenarnya  aku  takut.  Sangat  takut  sampai-sampai  tidak   bisa  tidur.  Beberapa  hari  yang  lalu  aku  menonton  film  horor  “Apartement  1303”.  Dan  itu  selalu  mengingatkanku  pada  sosok  gadis  berambut  panjang  yang  pucat  dan  penuh   dendam.  Seram.  Aku  bosan  sekali  malam  ini.  bosan  menunggu.  Bukan  hanya  bosan  tapi  sudah  muak.  Aku  benci  kehidupan  yang  sekarang.  Jauh  dari  orangtua  dan  hidup  berdua  dengan  kakak.  Tidur  lambat  dan  bangun  kesiangan.  Pakaian  menumpuk  dan  piring  kotor  berserakan,  aku  benci  debu  di  lantai  yang  selalu  mengganggu  ketika  aku  berjalan  keluar  dari  kamar,  aku  benci  udara  pengap  di  kontrakan  ini,  dan  yang  sangat  aku  benci  adalah  Rumah  ini,  rumah  yang  sudah  kami  kontrak  lebih  dari  5  bulan  tidak  ada  jendelanya . Yah  rumah  tanpa  jendela.  Ini  bukan  judul  film,  tapi  memang  rumah  kecil  ini  tidak  berjendela.  Dan  ini  membuatku  muak.  Aku  bosan  di  rumah  sendirian,  selalu  sendirian.  Kakak  terlalu  sibuk  dengan  urusannya,  dengan  kegiatan  menyanyinya  yang  selalu  dia  bangga-banggakan  di  depan  mama  dan  papa,  kegiatan  yang  menyita  banyak  waktu  belajarnya  sehingga  kuliahnya  tidak  kelar-kelar,  kegiatan  yang  mengharuskannya  menggunakan  bulu  mata  palsu  yang  tebal  dan  tidak  sesuai  dengan  matanya,  make  up  menor  yang  selalu  ku  protes  dan  rambut  palsu  yang  wajib  mereka  gunakan.  Kakak  sibuk  dengan  dirinya,  dengan behelnya,  kuku panjangnya,  high heels dan  spa.  Dia  tidak  memperdulikan  keberadaanku  bersamanya.  Padahal  amanat  terbesar  yang  dia  terima  dari  papa  diusianya  yang  21  tahun  adalah  menjaga,  mengurusi  keperluanku,  dan  menjadi  orangtuaku  di  sini,  di  saat  jauh  dari  papa  dan  mama.  Tapi  kakak  seolah-olah  tidak  mau  tahu  denganku.  Satu-satunya  kalimat  yang  dilontarkannya  saat  mendapat  teguran  dari  papa  sebagai  reaksi  atas  pengaduanku  adalah  “Claud  itu  sudah  besar  pa”.  Yah  hanya  itu.  Tanpa  permintaan  maaf  atau  tekad  berubah.  Dan  aku  benci  itu.  
Aku  melirik  lagi  jam  di  atas  meja  belajar.  Yah  30  menit  berlalu  sejak  aku  bercerita.  Sekarang  sudah  pukul  03.40  dan  kakak  belum  pulang.  BBM  cuma  di  read,  dan  tidak  ada  postingan  foto  di  instagram  maupun  path.  Aku  sudah  bosan  menunggu,  tiap  malam  minggu  selalu  saja  ada  sesi  “Menunggu   Kakak  Pulang  Kencan  dengan  Pacar  Barunya”  membosankan.  Dari  tadi  aku  online,  membaca  blog  dan  tv  sengaja   aku  nyalakan  supaya  suasana  tidak  hening.  Sekarang  rasa  bosanku  sudah  tidak  bisa  aku  tahan,  rasanya  nafasku  terkurung  di  ruangan  ini,  di  kamar  sempit  ini.  Sesak.  Tidak  ada  perpindahan  udara  karena  rumah  ini  tidak  berjendela.  Aku  bosan,  bosannya  sampai  menusuk  ke  hati,  tidak  hanya  itu  rasa  bosan  ini  membuatku  ingin  menangis.  aku  tidak  suka  kehidupanku  yang  ini,  amat  sangat  tidak  suka.  Aku  ingin  pulang,  berada  di  tengah  keluarga  yang  tidak  pernah  meninggalkanku,  aku  merasa  terlantar  d i sini.  Aku  merasa  tidak  berada  di  rumah  saat  ini,  aku  rindu  mama,  rindu  papa.  Aku   rindu  kamar  tidur  doraemonku,  aku  rindu  perpustakaan  miniku.  Aku  rindu  teman- teman  yang  sekarang  sudah  sibuk  dengan  kegiatan  masing-masing.  Yah  aku  rindu  semuanya,  aku  rindu masa-masa  SMA  ku.  Aku  menangis,  aku  ingin  keluar  dari  rumah  ini.  ingin  menghirup  udara  segar  tapi  aku  takut,  sangat  takut  bahkan  untuk  keluar  dari  kamar  saja  aku  tidak  berani.  Kakak.  Ntah  apa  yang  sedang  dia  kerjakan  sekarang,  aku  memikirkannya  tapi  apa  dia  mengingatku  ?  sampai  kapan  kita  harus  menjalani  hidup  seperti  ini.  hidup  dengan  melakukan  hal-hal  yang  disukai  meskipun  harus  mengabaikan  seseorang.  hidup  yang  aku  rasa  bukan  aku  banget.  Aku  ingin  pulang.  Sekarang  juga.
Pukul  10.00  pagi.  Alarm  ku  berbunyi.  Alarm  harian  yang  sengaja  aku  pasang  karena  aku  sering  bangun  terlambat.  Ku  kucek  mataku  pelan-pelan,  berharap  kakak  sudah  pulang.  Dan  ternyata  belum.  Tuhan  aku  sudah  tidak  tahan,  aku  janji  ketika  dia  pulang  nanti  aku  harus  sampaikan  semua  uneg-unegku.  Ku  buka  pintu  kamar  dan  seperti  ucapan  selamat  pagi  debu  halus  langsung  menempel  di  telapak  kakiku.  Ish.  Pengap.  Pengap.  Pengap.  Aku  ingin  bilang  brengsek,  tapi  tidak  tahu  pada  siapa.  Aku  bergegas  ke  dapur  dan  piring-piring  berminyak  itu  seperti  sedang  melirik  ku  sambil  berbisik  “cuci  aku  cuci  aku”.  Hoalah.  Ntah  sejak  kapan  aku  jadi  anak  yang  pemalas,  aku  jarang  mecuci  piring,  jarang  menyapu,  dan  mencuci  pakaian.  Baiklah  minggu  pagi  diawali  dengan  mencuci  piring,  dengan  rambut  acak-acakan  aku  kumpulkan  piring- piring  kotor  itu,  dan  tidak  lupa  soundtrack  untuk  kegiatan  seperti  ini  haruslah  lagu- lagu  yang  bisa  membuat  kita  bersemangat.  Lagu.  Owl  City  Good  time  aku  putar. Ketika  sedang  asik  mencuci  piring  sambil  mengikuti  lirik  lagu  good  time  terdengar  suara  pintu  di  buka.  Pasti  kakak.  Brengsek.  Jam  segini  dia  baru  pulang.  Aku  pura- pura  tidak  tahu,  sebaiknya  aku  tidak  bicara  dulu  saat  ini  karena  emosiku  sedang  meledak-ledak.  Aku  tidak  ingin  bertengkar,  satu  hal  yang  selalu  ku  hindari  adalah  bertengkar  dengannya.  Beberapa  menit  kemudia  aku  mendengar  dia  memanggil  namaku.
“Claud!!!!”  dia  memanggil  dengan  kasar.  Aku  hanya  menjawabnya  dengan  bergumam  panjang.  “Mmmmmmm”.
“Kan  kakak  udah  bilang  kalau  kamu  pakai  tisu  itu  jangan  dicecerin.  Ini  liat,  bekas  tisu  kamu  berceceran  di  mana-mana.  Udah  kakak  ingetin  berkali-kali  kan ?  kamu  ini  payah”  
Aku  langsung  emosi  mendengar  tegurannya.  Ntah  kenapa  aku  tiba-tiba  sangat  marah  padahal  dia  hanya  menegurku.
“Iiih  sekedar  tisu  berceceran  kok  kakak  jadi  marah-marah.  Aku  baru  bangun,  belum  sempat  bersihkan  kamar  tadi.  Biasa  aja  dong.  Jangan  marah-marah  gitu.  Aku  nungguin  kakak  dari  tadi  malam  dan  kakak  baru  pulang  jam  segini.  Ratu  banget  ya ?  perlu  aku  adukan  sama  papa  ?  jawabku  dengan  kasar.  
“Eh  berani  adukan  sama  papa  atau  mama  liat  aja  ya  !!”
“Heh  memangnya  aku  takut  ?  dasar  drama  queen.  Kakak  itu  selalu  berbuat  seenaknya,  tiap  malam  keluyuran.  Pulang  subuh  tiap  hari,  habiskan  uang  papa  aja.  Kuliah  nggak  selesai-selesai,  malu-maluin”  
kali  ini  aku  jawab  sesuka  hati.  Benar-benar  berbicara  semauku.  Kakak  nampaknya  marah  mendengar  ucapanku.  Dia  keluar  dari  kamar  dan  menghampiriku.  Wajahnya  nampak  merah  menahan  marah,  nafasnya  juga  sudah  tidak  karuan.  Ntah  lah  mungkin  dia  ingin  menamparku.  Aku  berdiri.
“Kenapa  ?  kakak  marah  ?  pengen  nampar  ?  yaudah  tampar  aja  kak.  Kenyataan  kok  kakak  begitu.  Kakak  itu  egois,  gak  pernah  mikirin  aku.  Tiap  malam  kakak  ninggalin  aku  di  sini.  Aku  bosan  kak.  Aku  gak  betah.  Aku  nyesel  punya  kakak  begini”.
Aku  berbicara  sambil  meninggalkannya.  Tapi  langkahku  terhenti  karena  dia  membanting  kursi  di  sampingnya.
“Mulut  mu  ya.  Lancang  kamu  ngomong  gitu  sama  kakak.  selama  ini  juga  yang  ngurusin  kamu  siapa  ?  kakak  juga  cape.  Kamu  itu  kayak  anak  kecil,  semuanya  harus  kakak  urusin.  Harus  diatur.  Harus  ditentuin.  Kapan  kamu  bisa  sendiri ?  kakak  cape  tiap  hari  harus  nyiapain  baj u kamu  buat  ke  kampus,  kakak  cuma  kasi  waktu  bia r kamu  terbiasa  sendiri”
“kasi  waktu  biar  terbiasa  sendiri  ?  hahahaa  lucu  kak.  Tiap  malam  kakak  keluar  maksudnya  biar  aku  terbiasa  sendiri  ?  yang  ada  aku  muak  kak.  Aku  bosan.  Aku  gak  betah  tinggal  di  sini”.
“yaudah  kalau  kamu  bosan  kamu  pergi  aja.  Cari  tempat  lain  yang   buat  kamu  nggak bosan.  Cari  tempat  yang  kamu  suka,  tempat  yang  bisa  buat  kamu  betah”.
Kakak  bicara  dengan  menatap  mataku,  seolah-olah  mengusirku  dengan  cara  yang anggun.  Aku  tak  mampu  lagi  menahan  air  mataku.  Yah  kami  bertengkar.  Selama  ini  aku  sangat  menghindari  pertengkaran.  Tapi  hari  ini  kami  bertengkar,  bertengkar  hebat  sampai-sampai  dia  mengusirku.  Aku  menangis.  Segera  aku  berlari  ke  kamar.  Ku  kemasi  pakaianku,  ucapan  kakak  benar-benar  membuatku  sakit  hati.  Aku  ingin  pindah.  Harus.  Tak  perlu  dapat  ijin  dari  papa  dan  mama.
3  hari  berlalu  sejak  kami  bertengkar.  Dan  di  sini  lah  aku  sekarang.  Di  sebuah  kontakaran  kecil  berkamar  dua.  Tempatnya  memang  kecil  tapi  jauh  menyenangkan  daripada  kontrakan  lama,  di  sini  sejuk,  tiap  ruangan  ada  jendelanya.  Jadi  aku  tidak  pernah  merasa  sesak  lagi.  kontrakan  ini  dekat  kampus  dan  aku  betah.  Aku  sudah  menghiasi  kamar  ku.  Ada  foto  mama  dan  papa,  dan  foto  kami  berdua.  Aku  dan  kakak.  Ada  namaku  dan  tepat  di  atasnya  ada  nama  kakak.  Yah  ini  dekorasi  yang  paling  aku  sukai.  Dan  tepat  di  pintu kamar  ku  bergantung  hand  scraf  yang  aku  buat  sendiri.

Welcome  to  our  room.
Queen  Alice  and  Princess  Claudia.
Kamar  sempit  yang  menyenangkan.  
Di  sini  semuanya  tersimpan  dengan  berantakan  :D
Ini  tempat  nyaman  untuk  menggalau  dan  bergosip
Jangan  heran  melihat  keadaan  yang  tidak  rapi  di  dalam
         Karena   kami  berdua  adalah  Ratu  terburu-buru  dan  Puteri  berantai-santai.
This  is  look  nice.  Aku  suka.   Dan   beberapa   saat   kemudian   ada   BBM  masuk.  Dari  kakak.  Isinya.
30  menit  lagi  kakak  berangkat.  Barangnya  udah  dikemas  semua.  Can’t  wait  to  see  you.
Lengkap  dengan  emotion  peluk  cium  ala  anak  alay  yang  lagi  bahagia.  Aku  tersenyum.  Yah  hari  ini  kami  berdua  akan  tinggal  di  sini.  Kakak  juga  sudah  mengemasi  semua  perabotan  di  kontrakan  lama,  dan  sebagai  tanda  damai  dia  akan  mentraktirku  membeli  sebuah  novel  nanti  sore.  Saat  jauh  dari  papa  dan  mama  hanya  kakak  yang  aku  punya.  Sebaik-baiknya  orang  lain  pada  kita,  itu  tidak  akan  sebaik  perlakuan  saudara  kita sendiri.  Kami  bertengkar  karena  masing-masing  punya  sifat  yang  berbeda.  Aku  manja  dan  kakak  egois.  Kakak  adalah  Ratu  terburu-buru  sedangkan  aku  Puteri  bersantai- santai.  Kakak  suka  dandan  dan  aku  anti  make  up,  kakak  suka  menyanyi  dan  sangat  ramah  pada  dunia  luar  sementara  aku  lebih  suka  membaca  dan  mengurung  diri  di  kamar.  Aku  senang  menghabiskan  waktu  ku  di  depan  lap  top  untuk  menulis  atau  menonton  seharian,  sementara  kakak  senang  menjadi  pusat  perhatian  dan  ngumpul  bersama  teman-temannya.  Yah  itu  lah  perbedaan.  Kakak  santai  saja  dengan  kuliahnya  sementara  aku  sangat  ingin  cepat  selsai.  Terlalu  banyak  perbedaan,  tapi  itu  lah  yang  membuatnya  berkesan.  Perbedaan  itu  yang  selalu  membuatku  rindu  kakak.  Aku  sayang  kakak.  Sehebat  apapun  pertengkaran  kami  aku  tidak  bisa  berlama-lama  untuk  tidak  teguran  dengannya.  Dia  kakak,  teman,  bahkan  pengasuh  terbaik  yang  aku  punya.  Love  you  sista.  J  

*Sebagai  permintaan  maaf  untuk  kakak  sekaligus  pengasuh  terbaikku.  Kak  Elis.  
This entry was posted in